Penggunaan strategi KWL (Know Want To Know Learned) pada Mata Pelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa: Penelitian di SMA Mathla’ul Anwar Margahayu

Santika, Icmiati (2020) Penggunaan strategi KWL (Know Want To Know Learned) pada Mata Pelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa: Penelitian di SMA Mathla’ul Anwar Margahayu. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

SMA Mathla’ul Anwar Margahayu merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di Kabupaten Bandung. Pelayanan sekolah selalu dilakukan semaksimal mungkin untuk memberikan fasilitas belajar terhadap peserta didik. Beberapa fasilitas yang diberikan diantaranya peminjaman buku paket, penyediaan media belajar berupa artikel dan sumber lain nya yang terdapat dari internet. Tetapi, realitanya terdapat beberapa masalah yang terjadi pada peserta didik diantaranya malas belajar, menyontek, kurang motivasi bertanya, serta nilai harian yang dibawah KKM. Dari masalah tersebut peneliti mengajukan solusi untuk menggunakan strategi KWL sebagai usaha meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui: pertama, realitas penerapan strategi KWL pada mata pelajaran PAI di SMA Mathla’ul Anwar Margahayu. Kedua, perbedaan motivasi belajar peserta didik menggunakan strategi KWL dengan strategi ekspositori pada mata pelajaran PAI. Ketiga, perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi KWL denga yang menggunakan strategi eskpositori pada mata pelajaran PAI. Keempat, tanggapan peserta didik menggunakan strategi KWL pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoritis yang menyatakan bahwa hasil belajar akan optimal bila adanya motivasi dalam diri peserta didik. Sebagaimana fungsi motivasi untuk mendorong, menentukan dan menyeleksi perbuatan, maka pembelajaran diarahkan pada kegiatan yang menuntun keaktifan baik sebelum, saat dan sesudah belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, dan desain penelitian quasy eksperimen jenis penelitian nonequivalent control-grup design yaitu penelitian yang dilakukan dengan pelihat perbedaan diantara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan adalah wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diantaranya : pertama, penggunaan strategi KWL pada kelas XI IPS SMA Mathla’ul Anwar Margahayu sesuai dengan tahapan strategi yang membuat peserta didik menjadi aktif dalam berpendapat, berpikir kritis dan pembelajaran lebih menyenangkan. Kedua, peningkatan motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen menunjukan nilai 0,09 sedangkan peningkatan pada kelas kontrol adalah 0,29 yang menunjukan peningkatan kedua kelas tergolong rendah, nilai uji paired sampel t-test menjukan sig. 0,018 < 0,05 yang menyatakan adanya perbedaan motivasi diantara kelas yang menggunakan strategi KWL dengan kelas yang menggunakan strategi ekspositori. Ketiga, peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dilihat dari uji N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,35 yang menunjukan peningkatan yang terkategori sedang sedangkan hasil uji N-Gain pada kelas kontrol adalah 0,03 yang terkategori rendah. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Man Whitney U diperoleh sig. 0,101 > 0,05 yang menunjukan perbedaan yang tidak signifikan antara pembelajaran menggunakan strategi KWL dengan yang menggunakan strategi ekspositori pada mata pelajaran PAI. Keempat, tanggapan peserta didik menggunakan strategi KWL dilihat dari nilai rata-rata sebesar 77,04 yang terkategori positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi KWL (Know Want to know Learned); Motivasi Belajar Peserta Didik; Hasil Belajar Peserta Didik;
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Icmiati Santika
Date Deposited: 21 Dec 2020 02:25
Last Modified: 21 Dec 2020 02:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35790

Actions (login required)

View Item View Item