Kampanye public relations tentang sistem kerja parlemen dalam mengedukasi masyarakat : Studi deskriptif program Edukasi Parlemen pada Bagian Humas DPR RI

Fauzi, Afif Maula (2020) Kampanye public relations tentang sistem kerja parlemen dalam mengedukasi masyarakat : Studi deskriptif program Edukasi Parlemen pada Bagian Humas DPR RI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : DPR RI merupakan suatu lembaga tinggi negara yang dalam konsep Trias Politika berperan sebagai lembaga legislatif, akan tetapi dalam pelaksanaan fungsinya lembaga ini kerap memperoleh citra buruk dari masyarakat umum.Berdasarkan hal tersebut Setjen DPR RI melalui Bagian Humas melaksanakan suatu Program yang disebut Edukasi Parlemen yang mana program ini merupakan suatu langkah yang dilakukan oleh Bagian Humas DPR RI untuk mengedukasi masyarakat mengenai sistem mekanisme kerja parlemen demi memberi pemahaman lebih kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kampanye yang dilakukan oleh Bagian Humas DPR RI dalam mengedukasi masyarakat tentang sistem kerja parlemen. Penelitian ini menggunakan konsep model kampanye leon ostergaard. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme yang bertujuan untuk dapat memaknai suatu realitas sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu interpretatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dalam mengeksplor data seperti pengertian dari suatu konsep yang beragam, proses langkah kerja dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa Kampanye Public Relations Tentang Sistem Kerja Parlemen Dalam Mengedukasi Masyarakat yang dilakukan oleh Bagian Humas DPR RI diawali dengan melakukan 1) identifikasi masalah dalam menemukan fakta serta data permasalahan yang berkembang dimasyarakat terkait lembaga, 2) tahap pengelolaan yang mana didalamnya terdapat tahap perancangan dan tahap pelaksanaan. Tahap perancangan yang dilakukan dengan melakukan penentuan program yang akan dilaksanakan dalam pemecahan masalah yang telah ditinjau sebelumnya. Tahap pelaksanaan yang dilakukan yakni dengan melakukan eksekusi terhadap program kegiatan yang telah ditentukan baik online maupun offline, 3) evaluasi yang mana dilakukan dengan proses rapat internal tim serta melakukan pengamatan melalui kuesioner yang dibagikan kepada audience yang terlibat dalam kegiatan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Bagian Humas DPR RI telah melaksanakan kegiatan kampanye dilihat dari usaha dalam proses pelaksanaan keseluruhan kegiatan, serta respon baik dari masyarakat yang menjadi audience dalam keseluruhan kegiatan program edukasi parlemen yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan pada setiap akhir kegiatan. ENGLISH : The House of Representatives is a state high institution that in the concept of Trias Politika serves as a legislative institution, but in the implementation of its functions this institution often obtains a bad image from the general public. Based on this, the Director General of the House of Representatives through the Public Relations Department implemented a program called Parliamentary Education which is a step taken by the Public Relations Department of the House of Representatives to educate the public about the system of parliamentary mechanisms to give more understanding to the community. The purpose of this research is to find out the campaign process conducted by the Public Relations Department of the House of Representatives in educating the public about the parliamentary work system. The study used the concept of leon ostergaard's campaign model. The paradigm used is constructivism that aims to be able to define a social reality. The approach used in this study is interpretive by using qualitative descriptive research methods in exploring data such as the understanding of a diverse concept, the process of working steps and so on. The data collection techniques used in this study are in-depth interviews and passive participatory observations. The results of this study show that the Public Relations Campaign on the Parliamentary Work System in Educating the Public affairs conducted by the Public Relations Department of the House of Representatives begins by doing 1) identification of problems in finding facts and data of problems that develop in the community related to institutions, 2) the management stage in which there is a stage of design and implementation stage. The design stage is done by determining the program that will be implemented in the resolution of the problem that has been reviewed before. The implementation stage is to carry out the execution of the specified activity program both online and offline,3) evaluation which is doneby the internal meeting process of the team and making observations through questionnaires shared with the audience involved in the activities. Based on the results of the research, it can be concluded that the Public Relations Section of the House of Representatives has carried out campaign activities judging by the effort in the process of implementing the whole activity, as well as the good response from the community who became an audience in the entire activities of the parliamentary education program obtained through questionnaires distributed at the end of each activity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Public Relations; Edukasi Parlemen
Subjects: Political Process > Political Campaigns
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Afif Maula Fauzi
Date Deposited: 06 Jan 2021 06:05
Last Modified: 06 Jan 2021 06:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36056

Actions (login required)

View Item View Item