Pangestuti, Hutami Diana (2020) Penerapan model pembelajaran The Power of Two untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Diploma thesis, UINSunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
Abstract
Representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika untuk melengkapi pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model The Power of Two. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan memilih X MIPA-4 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran matematika menggunakan model The Power of Two) dan X MIPA-5 sebagai kelas kontrol (pembelajaran matematika menggunakan model konvensional). Instrumen yang digunakan adalah tes (uraian) untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dan non-tes (lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar skala sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan The Power of Two). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: a) Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model The Power of Two terjadi peningkatan kualitas belajar. b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran The Power of Two dengan model pembelajaran konvensional. c) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran The Power of Two dengan model pembelajaran konvensional. d) Pada umumnya siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model The Power of Two.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan representasi matematis; The Power of Two |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Elementary Education > Mathematics for Elementary Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | hutami diana pangestuti |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 03:28 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 03:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36132 |
Actions (login required)
View Item |