Hubungan antara emotional intelligence dengan kemampuan menghafal Al-Qur'an surat Ad-duha: Penelitian di Kelompok B RA Zad Cipanas Kabupaten Cianjur

Nurfannida, Wafda (2020) Hubungan antara emotional intelligence dengan kemampuan menghafal Al-Qur'an surat Ad-duha: Penelitian di Kelompok B RA Zad Cipanas Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena yang muncul di kelompok B RA Zad Cipanas Kabupaten Cianjur yaitu terdapat beberapa permasalahan yang terkait emotional intelligence (kecerdasan emosional) dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an surat aḍ-duḥā. Permasalahan tersebut ialah terdapat beberapa anak yang masih belum mampu mengoptimalkan dalam mencapai kompetensi hafalannya yang didapati melalui komponen emotional intelligence. Hal ini terlihat saat kegiatan menghafal Al-Qur’an terdapat anak yang lamban dalam mencapai kompetensi hafalan yang diharapkan sebagaimana anak didik belum bisa dalam mengelola emosinya, kurangnya motivasi pada diri sendiri ketika mengikuti proses pembelajaran, serta kurangnya rasa empati terhadap teman sebayanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) realitas emotional intelligence; (2) realitas kemampuan menghafal Al-Qur’an surat aḍ-ḍuḥā; (3) hubungan antara emotional intelligence dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an surat aḍ-ḍuḥā di kelompok B RA Zad Cipanas Kabupaten Cianjur. Penelitian ini didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa antara emotional intelligence dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an surat aḍ-ḍuḥā terdapat keterkaitan yang erat. Emotional intelligence yang baik dapat menunjukkan kemungkinan kemampuan menghafal Al-Qur’an surat aḍ-ḍuḥā yang baik juga. Maka dari itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara emotional intelligence dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an surat aḍ-ḍuḥā. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek dalam penelitian ini ialah anak kelompok B RA Zad Cipanas Kabupaten Cianjur yang berjumlah 20 orang. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif. Untuk pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, test dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa realitas emotional intelligence memperoleh skor rata-rata sebesar 3,04. Skor tersebut berkategori baik karena berada pada interval 2,1–3 dengan kata lain pada kategori berkembang sesuai harapan. Sedangkan realitas kemampuan menghafal Al-Qur’an surat aḍ-ḍuḥa memperoleh skor rata-rata sebesar 3,03. Skor tersebut berkategori baik karena berada pada interval 2,1–3 dengan kata lain pada kategori berkembang sesuai harapan. Adapun hubungan antara emotional intelligence dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an surat aḍ-ḍuḥa diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,720 dengan kategori tinggi (kuat) karena berada pada interval 0,600-0,799. Untuk hasil uji signifikansi, diperoleh harga thitung = 4,420 yang harganya lebih besar daripada harga ttabel = 2,878 sehingga Ha diterima. Dengan kata lain terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara emotional intelligence dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an surat aḍ-ḍuḥā pada kelompok B di RA Zad Cipanas Kabupaten Cianjur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini; emotional intelligence; menghafal Al-Qur’an; Al-Qur'an; surat ad-duha
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Wafda Nurfannida
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:02
Last Modified: 06 Jan 2021 02:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36136

Actions (login required)

View Item View Item