Nurkhairani, Nia (2020) Pendidikan akhlak pada masa nabi Muhammad: Studi analisis buku Muhammad karya Hesham Al-Awadi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (216kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya krisis akhlak dan kenakalan remaja yang terjadi di Indonesia khususnya pelajar, hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya akhlak untuk dibina dan dibentuk terutama sejak usia dini. Karena akhlak yang baik tidak akan terwujud pada seseorang tanpa adanya pembinaan, pembelajaran dan pendidikan yang dilakukan. Pendidikan akhlak yang paling baik adalah pendidikan yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, kita perlu mengambil nilai-nilai pendidikan akhlak pada masa nabi Muhammad untuk dijadikan contoh serta landasan agar terciptanya hubungan baik antara hamba dan Allah SWT dan antar sesama manusia. Tujuan penelitian ini secara sistematis memaparkan nilai-nilai pendidikan akhlak pada masa nabi Muhammad dalam buku Muhammad dan relevansi nilai pendidikan akhlak pada masa nabi Muhammad bagi anak usia SD/MI. Metode yang digunakan adalah metode pustaka (Library research) dengan sumber primer buku Muhammad karya Hesham Al-Awadi. Sumber sekunder penelitian ini adalah jurnal, skripsi, buku, dan literatur lain yang berkaitan dengan akhlak nabi Muhammad. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan akhlak pada masa nabi Muhammad SAW dalam buku Muhammad karya Hesham Al-Awadi meliputi Akhlak terhadap Allah SWT yaitu tidak berkeluh kesah, menghindari perbuatan maksiat, dan bertaqwa kepada Allah. Akhlak terhadap sesama manusia meliputi akhlak terhadap diri sendiri yaitu menjaga kesucian diri, jujur, bekerja keras, berpikir secara kreatif, amanah, disiplin, menjadi orang pemaaf, berkhalwat atau merenung, menjadi pemimpin yang berpengetahuan luas, dan menjadi pemimpin yang demokratis; akhlak terhadap orang lain yaitu menunjukkan sikap kasih sayang, berinteraksi dengan komunitas setempat, tidak memilih-milih untuk berteman, dan tidak sombong. Nilai pendidikan akhlak di atas memiliki kesesuaian dan berkesinambungan dengan teori tentang nilai akhlak yang dikembangkan di SD/MI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak; nabi Muhammad; anak usia SD/MI |
Subjects: | Education and Research of Literatures Education and Research of History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nia Nurkhairani |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 06:40 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 06:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36148 |
Actions (login required)
View Item |