Hidayat, Imam (2020) Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di sekolah menengah pertama: Penelitian di SMP Darul Hikam Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
Abstract
Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran yang berkualitas akan tercipta apabila guru kompeten di bidangnya, terkhusus guru memiliki kompetensi pedagogik yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses membimbing siswa untuk menggunakan akal pikirannya. Mengenai hal ini kurikulum 2013 menekankan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), dimana siswa dituntut untuk berfikir tingkat tinggi dalam hal menganalisi, mengevalusi, dan mencipta. terkhusus dalam pembelajaran PAI hal ini yang menjadi penting untuk diteliti tentang bagaimana sebenarnya proses pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di sekolah. peneliti memilih SMP Darul Hikam Bandung sebagai latar penelitian karena sekolah ini telah mengelaborasi kurikulumnya dengan basis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Darul Hikam Bandung, (2) Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Darul Hikam Bandung, (3) Kompetensi pedagogik guru dalam evaluasi pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Darul Hikam Bandung, dan (4) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Darul Hikam Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini dipilih karena permasalahan penelitian ini bersifat kompleks, dinamis, dan penuh makna sehingga data tidak mungkin dapat dijaring dengan penelitian kuantitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Darul Hikam Bandung, diinterpretasikan pada kategori baik karena guru telah merencanakan pembelajaran dengan baik yang di tuangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Darul Hikam Bandung, telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang dirancang sebelumnya. (3) Kompetensi pedagogik guru dalam evaluasi pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Darul Hikam Bandung telah terlaksana dengan baik. (4) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Darul Hikam Bandung, yakni faktor peserta didik, kompetensi guru, lingkungan, dan kebijakan sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru; Kompetensi Pedagogik Guru; Pembelajaran PAI; HOTS; Higher Order Thinking Skills |
Subjects: | Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Imam Hidayat |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 00:50 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 02:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36270 |
Actions (login required)
View Item |