Pembelajaran kepesantrenan dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Kab. Tasikmalaya

Khufaya, Jihad (2018) Pembelajaran kepesantrenan dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Kab. Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Adanya pergeseran nilai-nilai yang menjadi pondasi bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat saat ini menjadi masalah. Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dan pembelajaran di madrasah, penanaman nilai-nilai religius merupakan hal penting. Menanggapi masalah tersebut, peneliti menemukan fakta menarik mengenai pengajaran dan penanaman nilai-nilai religius di MTs. Serba Bakti yaitu adanya pembelajaran yang syarat akan nilai-nilai religius, pembelajaran tersebut dinamakan pembelajaran kepesantrenan. Penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran kepesantrenan di MTs. Serba Bakti yang bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran kepesantrenan dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran kepesantrenan menanamkan nilai-nilai religius siswa, 3) untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran kepesantrenan dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa. Penelitian ini berdasarkan pada pemikirian bahwa pembelajaran kepesantrenan ini adalah salah satu hal yang mampu menanamkan nilai-nilai religius di MTs. Serba Bakti. Pembelajaran kepesantrenan dilaksanakan yang didalamnya kemudian penamaman nilai-nilai religus. Setelah itu, akan ditemukan hasil penanaman nilai-nilai religius. Jenis penelitian ini adalah penilitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa dan guru. Objek penelitiannya adalah pembelajaran Kepesantrenan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan pembelajaran kepesantrenan dalam menanamkan nilai religius siswa melaui tiga bentuk, yaitu interaksi siswa dengan guru dan sumber belajar kepesantrenan di kelas, pembiasaan siswa, dan kepesantrenan yang berbentuk program kegiatan. 2) faktor pendukung pembelajaran kepesantrenan yang dominan adalah lingkungan karena berada di lingkungan pesantren, sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa yang heterogen. 3) hasil pelaksanaan pembelajaran dalam menanamkan nilai religius siswa ini yaitu dari aspek pengetahuan (religious knowledge) dapat dilihat dari bertambahnya ilmu keagamaan, dari aspek kepercayaan (religious belief), peribadatan (religious practice), aspek peribadatan (religious practice) dan pengahayatan (religious felling) dapat dilihat dari budaya madrasah yang tercipta dari kebiasaan yang diajarkan dalam kepesantrenan dan program kepesantrenan yang menjadi kegiatan unggulan sehingga menjadi ciri khas bagi siswa MTs. Serba Bakti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kepesantrenan; nilai religius; madrasah tsanawiyah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jihad Khufaya
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:28
Last Modified: 18 Jan 2021 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36377

Actions (login required)

View Item View Item