Rahmawati, Ajeng Luhfia (2020) Implementasi teknik bimbingan kelompok pada pelaksanaan bimbingan belajar siswa di MI Al Misbah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR SI)
3_daftarisi.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi timbulnya berbagai kendala dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan belajar yang kurang mendapat porsi yang memadai yang dilaksanakan pada siswa MI Al-Misbah. Guru yang mengajar di kelas tersebut menerapkan tenik bimbingan kelompok sebagai bentuk pelaksanaan dari bimbingan belajar yang diarahkan untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang 1) masalah belajar yang dialami siswa MI Al Misbah ketika mengikuti proses pembelajaran, 2) hal yang telah atau belum dikuasai dalam proses bimbingan kelompok, 3) upaya yang dilakukan oleh guru khususnya untuk membantu siswa MI Al Misbah dalam mengatasi kesulitan belajar, 4) faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi teknik bimbingan kelompok pada siswa MI Al Misbah. 5) Efektivitas atau tidaknya implementasi layanan bimbingan kelompok pada siswa MI Al Misbah, 6) layanan bimbingan kelompok yang dapat membantu efektifitas belajar siswa MI Al Misbah. Penelitian ini didasari suatu pemikiran bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok akan berjalan efektif, manakala didukung oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya adalah keinginan, harapan dan motivasi dari siswa, sedangkan faktor eksternal adalah kemampuan dari pembimbing,kebijakan sekolah, alat, sarana dan prasarana bimbingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif adalah metode yang digunakan untuk mencari unsur, ciri, sifat suatu fenomena. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data diawali dengan mereduksi data, penyajian data dan penampilan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 1) Masalah yang dialami oleh siswa bermula dari faktor ekternal dan internal. Faktor eksternal yaitu kurangnya pendampingan belajar dari orangtua, sedangkan faktor internal yaitu rendahnya motivasi belajar siswa. 2) Hal yang sudah dikuasai siswa yaitu mampu mengerjakan soal sesuai waktu yang telah ditentukan, sedangkan hal yang belum dikuasai siswa yaitu belum bisa mengatur waktu belajar dengan efisien. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah belajar siswa diantaranya pemberian bantuan bimbingan belajar menggunakan teknik kelompok, penguatan konsep, pemberian trik-trik menghafal rumus serta tutor teman sebaya. 4) Faktor penghambat dari kegiatan bimbingan belajar yaitu keterbatasan ruang yang dimiliki, sedangkan faktor pendukung dari kegiatan bimbingan belajar ini yaitu pemberian izin dari pihak yang berwenang bagi kelas yang mendapatkan bimbingan belajar. 5) Usaha yang dilakukan pembimbing efektif dalam mengatasi masalah belajar siswa. 6) Layanan bimbingan yang dapat meningkatkan efektivitas belajar diataranya dengan pemberian motivasi belajar, bantuan cara belajar, dan mentor teman sebaya. ENGLISH : This research is behind the emergence of various obstacles in the implementation of guidance and counseling, especially the study guidance that lacks adequate portions that are implemented in MI Al-Misbah students. Teachers who teach in the class apply the group's coaching tenics as a form of implementation of learning guidance aimed at overcoming the difficulties of learning the participants. This research aims to describe about 1) learning problems experienced by MI Al Misbah students when following the learning process, 2) that has been or has not been mastered in the process of group guidance, 3) efforts undertaken by the teacher in particular to help MI Al Misbah students in overcoming learning difficulties, 4) The inhibitory factor and supporters in the implementation of group guidance techniques on MI Al Misbah 5) The effectiveness or absence of implementation of group guidance services on MI Al Misbah students, 6) group guidance services that can help the effectiveness of the learning of MI Al Misbah students. This research is based on a thought that the implementation of group guidance will be effective, while supported by internal and external factors. Internal factors are the wishes, hopes and motivations of the students, while the external factors are the ability of advisers, school policies, tools, facilities and infrastructure guidance. The method used in this research is a method of dexriptif with a qualitative approach. A descriptive method is a method used to look for elements, traits, traits of a phenomenon. The data collection techniques used are observations, interviews and documentation studies. Data analysis techniques begin with data reduction, data presentation and appearance conclusion or verification. The results showed that the research indicated a contract that is experienced by students dates from external factors and internal. 1) The external factor that is learning of the lack of assistance from the parent , the set internally by the bank the lack of motivation of students to study. 2) One thing that is controlled of students were doing it in accordance of the time appointed , while the things that have not controlled students there is no can set the time of learn by efficient. 3) The efforts carried out to student learning to overcome the problem of such as the provision of assistance guidance in studying group uses the technique , the strengthening of the concept of , the provision of the tricks of memorization formula and a tutor their peers. 4) Factors barrier from the preparation and limited space, owned the advocates of the preparation is the licensing of the authorities for classes that get himself tutored. 5) Efforts by tutors effectively address the problem of. student learning. 6) Guidance services that can improve the effectiveness of learning in the event of learning motivation, help learning, and peer mentor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan belajar; Bimbingan kelompok; Masalah belajar siswa. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Elementary Education Elementary Education > Other Studies for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ajeng Luthfia Rahmawati |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 04:32 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 06:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36379 |
Actions (login required)
View Item |