Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik melalui kegiatan praktikum berbasis aplikasi smartphone pada materi gelombang bunyi

Dewi, Melinda Kristiana (2020) Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik melalui kegiatan praktikum berbasis aplikasi smartphone pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 _ cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 _ abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3 _ daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4 _ bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5 _ bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 _ bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 _ bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8 _ bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 _ daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran LKPD dengan menggunakan aplikasi smartphone berupa sensor suara untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pengembangan Brog & Gall dengan tujuh tahap penelitian. Hasil penelitian pengembangan produk LKPD praktikum berbasis aplikasi smartphone diperoleh :1) peningkatan minat dari setiap kategori diantaranya untuk kategori perasaan senang, ketertarikan dan perhatian masing − masing memiliki peningkatan sebanyak 2%, dan pada kategori keterlibatan memiliki peningkatan sebanyak 6%; 2) hasil belajar menggunakan LKPD dengan memanfaatkan aplikasi smartphone memperoleh hasil sebesar 90,3% dan dikategorikan tinggi, dan hasil belajar LKPD tanpa menggunakan aplikasi smartphone memperoleh hasil sebesar 55% dan dikategorikan rendah. Selisih dari hasil peningkatan belajaran tersebut adalah 35,5%; 3) Nilai rata-rata efektivitas secara keseluruhan dari pengunaan LKPD dengan menggunakan aplikasi smartphone lebih efektif sebesar 89,5% sedangkan penggunaan LKPD tanpa menggunakan aplikasi smartphone sebesar 60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD; Aplikasi Smartphone; dan Efektivitas Penggunaan LKPD;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Measurement of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Melinda Kristiana Dewi
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:58
Last Modified: 26 Jan 2021 06:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36548

Actions (login required)

View Item View Item