Iklim komunikasi organisasi berbasis kearifan lokal di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (Puslatbang PKASN) LAN – RI Jatinangor

Almha, Restie (2020) Iklim komunikasi organisasi berbasis kearifan lokal di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (Puslatbang PKASN) LAN – RI Jatinangor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DARTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya suatu kasus yang dianggap unik yaitu nilai kearifan lokal yang terapkan dalam iklim komunikasi organisasi di Puslatbang PKASN LAN-RI Jatinangor. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Iklim Komunikasi Organisasi berbasis kearifan lokal di Puslatbang PKASN LAN-RI Jatinangor, untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalam iklim komunikasi organisasi berbasis kearifan lokal di Puslatbang PKASN LAN-RI Jatinangor, dan mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam iklim komunikasi organisasi berbasis kearifan lokal di Puslatbang PKASN LAN-RI Jatinangor. Penelitian ini menggunakan teori Pace dan Faules yang dikutip dalam (Pace, 2018). Pace dan Faules mengatakan bahwa enam dimensi dalam iklim kounikasi organisasi, yaitu (1) Kepercayaan, (2) Pengambilan keputusan bersama, (3) Kejujuran, (4) Keterbukaan komunikasi Kebawah , (5) Mendengarkan komunikasi keatas, (6) Perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi. Metode penelitian dilakukan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Adapun informan penelitian ini melibatkan 4 orang pihak Puslatbang PKASN LAN-RI Jatinangor. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu dalam iklim komunikasi organisasi berbasis kearifan lokal belum optimal dilihat dari penyampaian informasi secara tertulis yang sulit dipahami oleh anggota. Dan kurangnya perhatian pada etika dan nilai-nilai yang berlaku terutama dalam penyamapaian ide, gagasan atau informasi. Peneliti memberikan saran dalam permasalahan ini yaitu Puslatbang PKASN LAN-RI Jatinangor perlu membuat forum khusus untuk masing-masing unit dengan melalaui WhatsApp Group masing-masing unit sebagai sarana komunikasi yang lebih spesifik. Pihak manajemen juga dapat mengadakan kegiatan yang melibatkan seluruh anggota dengan tujuan meningkatkan nilai-nilai yang berlaku di organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: iklim komunikasi organisasi; kearifan lokal.
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Restie Almha
Date Deposited: 28 Jan 2021 06:10
Last Modified: 28 Jan 2021 06:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36649

Actions (login required)

View Item View Item