Kampanye Public Relations program Sadayana ASI Eksklusif (SAE) sebagai upaya menekan angka Stunting di Kota Bandung: Studi deskriptif pada Forum Bandung Sehat

Zulfa, Rania Kamilia (2020) Kampanye Public Relations program Sadayana ASI Eksklusif (SAE) sebagai upaya menekan angka Stunting di Kota Bandung: Studi deskriptif pada Forum Bandung Sehat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Forum Bandung Sehat merupakan forum yang dibuat oleh Pemerintah Kota Bandung sebagai bagian dari upaya membangun Kota Bandung menjadi kota sehat. Program Sadayana ASI Eksklusif merupakan salah satu program unggulan yang digagas oleh Forum Bandung Sehat bagian Tatanan Pangan dan Gizi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kegiatan kampanye oleh Forum Bandung Sehat bagian Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi yaitu untuk miningkatkan pemberian ASI eksklusif yang mana dapat menekan angka stunting di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan Model Kampanye Ostergaard, Leon Ostergaard yang merupakan salah satu teori kampanye, akan membentuk dan menjelaskan bagaimana proses dari awal yakni prakampanye, perencanaan, pelaksanaan hingga pasca kampanye program Sadayanan ASI Eksklusif sebagai upaya menekan angka stunting di Kota Bandung. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme serta pendekatan kualitatif dengan menggunakan penelitian studi deskriptif, karena peneliti ingin mengetahui bagaimana proses kampanye Sadayana ASI Eksklusif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Tahapan prakampanye terdiri dari mengindentifikasi masalah dan menjalin kerjasama dengan berbagai sektor pendukung, 2) Tahapan Perencanaan terdiri dari menetuka tujuan kampanye, pelaksana, pesan, khalayak, pendekatan hingga saluran, 3) Tahapan pelaksana yang terdiri dari pengemasan pesan kampanye, pelaksanaan kampanye secara langsung dan melalui media, 4)Tahapan pasca kampanye yang terdiri dari monitoring serta evaluasi oleh ibu Wali Kota Bandung, melihat respon khalayak sasaran ketikan kampanye secara langsung dan kampanye melalui media. ENGLISH : Forum Bandung Sehat is a forum created by the Bandung City Government as part of an effort to build Bandung City into a healthy city. The Sadayana ASI Eksklusif Program is one of the flagship programs initiated by thet Forum Bandung Sehat for the section of Food and Nutrition Administration. The purpose of this study was to determine the description of campaign activities by the Forum Bandung Sehat, part of the Order of Food Security and Nutrition, namely to increase exclusive breastfeeding which can reduce stunting rates in Bandung City. This study uses the Ostergaard Campaign Model, Leon Ostergaard, which is one of the campaign theories, will shape and explain how the process from the start, namely pre-campaign, planning, implementation to post-campaign of the Exclusive Breastfeeding Service program as an effort to reduce stunting in Bandung. The paradigm used is constructivism and a qualitative approach using descriptive study research, because the researcher wants to know how the process of the Sadayana ASI Eksklusif campaign. Data collection techniques used were interviews and observations. The results of this study indicate that, 1) The pre-campaign stage consists of identifying problems and collaborating with various supporting sectors, 2) The planning stages consist of determining campaign objectives, executors, messages, audiences, approaches to channels, 3) Implementation stages consisting of packaging Campaign messages, direct campaign implementation and through the media, 4) Post-campaign stages consisting of monitoring and evaluation by the Mayor of Bandung, seeing the response of the target audience to direct campaigns and media campaigns.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Sadayana ASI Eksklusif; Kampanye Public Relations; stunting
Subjects: Communications Telemunications
Personal Health, Hygiene > Promotion of Health of Specific Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rania Kamilia Zulfa
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:30
Last Modified: 02 Feb 2021 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36754

Actions (login required)

View Item View Item