Penerapan model Cooperative Learning tipe Teams Game Tournament terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa : Penelitian quasi eksperimen pada pembelajaran tematik kelas V MIN Sutam Kabupaten Bandung

Kustiani, Yulianti (2020) Penerapan model Cooperative Learning tipe Teams Game Tournament terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa : Penelitian quasi eksperimen pada pembelajaran tematik kelas V MIN Sutam Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan masalah yang terjadi di kelas V MIN Sutam Kabupaten Bandung. Masalah utama dalam penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil tes yang menunjukkan nilai minimal yang diperoleh siswa adalah 0 dan nilai maksimal 58, nilai rata-rata dari tes tersebut sebesar 20,6 dengan kategori jelek. Hasil tes yang telah dilakukan terdapat 27 siswa pada kriteria jelek, empat siswa pada kriteria kurang, dan tiga siswa pada kriteria cukup. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema ekosistem adalah model TGT. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui proses pembelajaran tematik pada tema ekosistem dengan menggunakan model TGT; 2) mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema ekosistem dengan menggunakan model TGT dan model konvensional; dan 3) mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model TGT lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu pengaruh model cooperative learning tipe TGT maupun pembelajaran konvensional. Hipotesis yang diajukan adalah kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model TGT lebih baik secara signifikan dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model konvensional Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yaitu kuasi eksperimen yang dilakukan pada kelas VA (kontrol) dan kelas VB (eksperimen) MIN Sutam Kabupaten Bandung. Instrumen penelitian digunakan tes kemampuan berpikir kreatif dengan indikator kelancaran, keluwesan dan keaslian, serta menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian yaitu: 1) Aktivitas guru dan siswa yang menggunakan model TGT mengalami peningkatan dari setiap pertemuannya. Pada pertemuan pertama rata-rata aktivitas guru sebesar 88 % dengan kategori sangat baik, pertemuan kedua 90% dan pertemuan ketiga 90% dengan kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 85% dengan kategori baik, pertemuan kedua 88% dan pertemuan ketiga 88% dengan kategori sangat baik, 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen sebesar 58,67 dengan kategori cukup. Sedangkan, kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas kontrol sebesar 47,08 dengan kategori kurang; 3) Hasil posttest kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema ekosistem memiliki signifikansi 0,045 < α (0,05) sehingga H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan rata-rata skor posttest kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model TGT dan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooverative Learning; TGT; Berpikir Kreatif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yulianti Kustiani
Date Deposited: 19 May 2021 01:30
Last Modified: 19 May 2021 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36919

Actions (login required)

View Item View Item