Pengaruh Working Capital to Total Assets (WCTA) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap net income growth ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Studi di PT. Metrodata Electronics, Tbk. Periode 2009-2018.

Amina, Siti (2020) Pengaruh Working Capital to Total Assets (WCTA) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap net income growth ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Studi di PT. Metrodata Electronics, Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghadapi tantangan dunia usaha, para pengusaha dituntut untuk dapat mengoptimalkan kinerja perusahaan. Salah satu tolak ukur keberhasilan perusahaan yaitu kinerja perusahaan dalam menghasikan laba, yang dapat dilihat dari Net Income Gowth Ratio atau pertumbuhan laba perusahaan tersebut. Kenaikan dan penurunan Net Income Growth Ratio dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu Working Capital To Total Assets (WCTA) dan Operating Profit Margin (OPM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Working Capital To Total Assets (WCTA) dan Operating Profit Margin (OPM) secara simultan maupun secara parsial terhadap Net Income Growth Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yaitu PT. Metrodata Electronics, Tbk selama 10 tahun, yaitu periode 2009-2018. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah apabila perusahaan dapat mengelola modal kerja dengan baik dalam kegiatan operasionalnya, maka Working Capital To Total Assets (WCTA) dan Operating Profit Margin (OPM) akan mengalami peningkatan sehingga laba yang diperoleh juga meningkat. Hal tersebut akan meningkatkan Net Income Growth Ratio perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analasis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Metrodata Electronics, Tbk periode tahun 2009-2018. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, analisis kuantitatif dan analisis komparatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 20.0 dan Microsoft Excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukan bahwa variabel Working Capital To Total Assets (WCTA) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Net Income Growth Ratio karena memiliki nilai thitung <ttabel yaitu -0,275 < 2,306. Sedangkan secara parsial variabel Operating Profit Margin (OPM) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Net Income Growth Ratio karena memiliki nilai 0,600 < 2,306 atau thitung <ttabel. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan (Uji F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 0,220 dan nilai Ftabel sebesar 4,74. Hal ini tidak memenuhi syarat Fhitung> Ftabel, yakni 0,220 < 4,74. Sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya, tidak terdapat pengaruh signifikan antara Working Capital To Total Assets (WCTA) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Net Income Growth Ratio secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Working Capital to Total Assets; Operating Profit Margin; Net Income Growth Ratio.
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Business > Education, Research, Related Topics of Business
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Siti Amina
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:31
Last Modified: 15 Feb 2021 02:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36936

Actions (login required)

View Item View Item