Dakwah Komunitas Muslimah: Analisis deskriptif pada Komunitas Shift Ladies Pemuda Hijrah Di Jalan Saninten No. 02 Kota Bandung

Putri, Kartika (2020) Dakwah Komunitas Muslimah: Analisis deskriptif pada Komunitas Shift Ladies Pemuda Hijrah Di Jalan Saninten No. 02 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai dakwah komunitas Shift Ladies Pemuda Hijrah. Melihat menjamurnya orang yangberhijrah menjadi salah satu tren anak muda khususnya anak muda di Bandung. Seiring dengan meningkatnya tren ini berbagai majelis ilmu pun bermunculan, begitu pula dengan komunitas dakwah. Salah satunya adalah komunitas Shift atau sering di kenal dengan pemuda hijrah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dakwah komunitas Shift Ladies Pemuda Hijrah pada tiga aspek yaitu perencanaan, bentuk kegiatan, faktor pendukung dan penghambat. Teori penelitian ini menggunakan teori medan dakwah, dimana penelitian mengenai dakwah komunitas Shift Ladies Pemuda Hijrah lebih menjelaskan pada situasi teologis, kultural dan struktural mad’u saat pelaksanaan dakwah islam.Serta mendeskripsikan suatu fenomena atau peristiwa dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung. Hasil dari penelitian ini, yaitu perencanaan dakwah yang dilakukan oleh komunitas Shift Ladies tidak terlepas dari yang namanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, dan bentuk kegiatan dakwah yang dilakukan oleh komunitas Shift Ladies yaitu tabligh. Dakwah tabligh yang dilakukan Komunitas Shift Ladies Pemuda hijrah ini adalah dengan menyampaikan pesan secara lisan, tulisan dan beberapa simulasi. Sebagian besar metode yang dipakai dalam dakwahnya melalui tatap muka adalah metode bil al - lisan dan metode bi al - hal. Sertafaktor pendukung dan penghambat. Faktor pedukung yang di hadapi oleh komunitas Shift Ladies adalah : Tema dakwah yang kekinian, bahasa dakwah yang mudah di pahami anak muda., berdakwah melalui sosial media, fasilitas yang cukup memadai, semangat jamaah untuk mengikuti kegiatan, lokasi yang strategis. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Sumber Daya Manusia yang masih kurang memadai, kurangnya pemahan pengurus,terbatasnya tempat parkir,serta jamaah kurang fokus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunitas Muslimah; Shift ladies; Medan Dakwah;
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kartika Putri
Date Deposited: 16 Feb 2021 08:25
Last Modified: 16 Feb 2021 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37029

Actions (login required)

View Item View Item