Produksi program berita lokal pada stasiun televisi swasta di kota Bandung: Penelitian deskriptif mengenai proses produksi program berita seputar Bandung Raya di Stasiun Bandung TV

kartini, kurnia (2020) Produksi program berita lokal pada stasiun televisi swasta di kota Bandung: Penelitian deskriptif mengenai proses produksi program berita seputar Bandung Raya di Stasiun Bandung TV. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Seperti kita ketahui program berita merupakan program andalan dari sebuah stasiun TV di Indonesia, program berita merupakan tempat di produksinya berbagai informasi yang diharapkan mampu memenuhi seluruh informasi yang di butuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dalam setiap siaran televisi terdapat program berita yang ditayangkan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Dalam mempersiapkan tayangan yang bermutu untuk masyarakat tentunya ada beberapa tahapan produksi yang harus dilalui. Bandung TV misalnya, dengan salah satu program unggulannya yakni Seputar Bandung Raya yang memberikan sajian informasi terkini untuk masyarakat. Selain dari pemandu acara, kesuksesan acara ini tidak lepas dari tim kreatif, tim produksi, serta tim pendukung lainnya. Penelitian ini menggunakan konsep Fred Wibowo, yang berasumsi bahwa dalam tahapan produksi terdiri dari 3 bagian yang lazim disebut dengan standard operational prosedure (sop) yaitu tahap pra-produksi, produksi, sampai pasca produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif. Informan dipilih secara snowball, data yang di peroleh dari hasil wawancara, analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa tahapan produksi yang dilakukan Bandung TV pada program berita Seputar Bandung Raya dimulai dari proses praproduksi (perencanaan) melalui rapat produksi guna untuk menentukan materi berita, narasumber, dan petugas peliputan (reporter dan kameramen). Produksi (pelaksanaan) dilakukan peliputan berita dengan menggunakan beberapa langkah melalui wawancara, pengambilan gambar, serta pembuatan naskah. Terakhir pasca-produksi (penyelesaian) dilakukan dengan melakukan dubbing (merekam suara) yang disesuaikan dengan naskah berita yang sudah di setujui. Kemudian melakukan proses pemotongan suara sesuai dengan catatan peradegan atau peristiwa sehingga siap untuk melakukan penayangan secara (on air). Setelah melakukan penayangan secara (on air) hasil beritanya akan di upload pada website resmi Bandung TV dan Channel Youtube Bandung TV News. Kata Kunci : Produksi Berita, Berita Lokal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Produksi Berita; Berita Lokal
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: kurnia kartini
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:22
Last Modified: 16 Feb 2021 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37071

Actions (login required)

View Item View Item