Pengaruh pembelajaran symbolic modeling terhadap perubahan perilaku membuang sampah sembarangan : Penelitian eksperimen pada siswa Kelas 11 SMA Kifayatul Achyar dan MAN 2 Kota Bandung

Septianti, Fuzna Ruhana (2020) Pengaruh pembelajaran symbolic modeling terhadap perubahan perilaku membuang sampah sembarangan : Penelitian eksperimen pada siswa Kelas 11 SMA Kifayatul Achyar dan MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku membuang sampah sembarangan merupakan aktivitas fisik individu yang dibentuk oleh lingkungan sebagai hasil dari pembiasaan. Salah satu cara agar dapat merubah perilaku buruk tersebut menjadi perilaku membuang sampah pada tempatnya adalah dengan menggunakan teknik modeling. Modeling merupakan cara pembelajaran individu dengan mempelajari dan menggunakan simbol-simbol yang mewakili informasi sebagai media modeling. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran symbolic modeling terhadap perubahan perilaku membuang sampah sembarangan pada siswa. Subjek pada penelitian ini adalah 29 siswa SMA Kifayatul Achyar serta 31 siswa MAN 2 Bandung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif quasi experimental, nonequivalent control group design. Alat ukur yang digunakan adalah skala perilaku membuang sampah. Hasil penelitian menunjukan bahwa symbolic modeling memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap perubahan perilaku membuang sampah sembarangan. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa kelompok kontrol posttest kategori tinggi sebanyak 5 siswa dengan persentase 16,31%, kategori sedang sebanyak 22 siswa dengan persentase 70,97% serta kategorisasi rendah sebanyak 4 siswa dengan persentase 12,90%. Littering behaviour is is an individual physical activity formed by the environment as a result of habituation. One way to change this bad behavior into throwing garbage in it’s place is by using modeling techniques. Modeling is a way of individual learning by studying and using symbols that represent information as modeling media. Therefore, this study aims to determine the effect of symbolic modeling learning on changes in littering behavior in students. The subjects in this study were 30 students of Kifayatul Achyar High School and 30 students of MAN 2 Bandung. The research design used was quantitative quasi experimental, nonequivalent control group design. The measuring instrument used is the scale of the waste disposal behavior. The results showed that symbolic modeling had an insignificant effect on changes in littering behavior. The results of the descriptive analysis showed that the high category posttest control group was 5 students with a percentage of 16.31%, the moderate category was 22 students with a percentage of 70.97% and the low categorization was 4 students with a percentage of 12.90%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Littering Behaviour; Symbolic Modeling; High School Students Perilaku Membuang Sampah; Symbolic Modeling; Siswa Sekolah Menengah Atas
Subjects: Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Fuzna Ruhana Septianti
Date Deposited: 17 Feb 2021 16:26
Last Modified: 17 Feb 2021 16:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37150

Actions (login required)

View Item View Item