Pengaruh variasi hasil pertanian dan tingkat harga terhadap minat pembeli pada Pondok Pesantren Al Ittifaq Ciwidey Bandung

Feristianto, Friska (2020) Pengaruh variasi hasil pertanian dan tingkat harga terhadap minat pembeli pada Pondok Pesantren Al Ittifaq Ciwidey Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Minat pembeli konsumen merupakan hal yang penting di dalam suatu perusahaan. Hal ini membuat para pelaku usaha yang bergerak dibidang pertanian harus melakukan berbagai cara untuk menarik para pembeli. Sementara Pondok Pesantren Al-Ittifaq dalam menghadapi persaingan bisnis telah melakukan berbagai upaya dalam menambah varian produknya yang selalu mengikuti permintaan pelanggan. Menurut teori yang dikemukakan oleh Rahmawaty dikatakan bahwa, semakin banyak variasi produk maka semakin tinggi minat beli konsumen. Namun pada kenyataannya adalah ketika variasi produk meningkat, minat beli cenderung fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh variasi hasil pertanian terhadap minat pembeli pada Pondok Pesantren Al-Ittifaq, 2). Pengaruh tingkat harga terhadap minat pembeli pada Pondok Pesantren Al-Ittifaq, 3). Pengaruh variasi hasil pertanian dan tingkat harga secara simultan terhadap minat pembeli pada Pondok Peantren Al-Ittifaq. Penelitian ini menggabungkan teori variasi produk dengan harga terhadap minat pembeli pada Pondok Pesantren Al-Ittifaq sehingga dalam penelitian ini akan melibatkan konsumen Pondok Pesantren Al-Ittifaq dalam mengumpulkan data penelitian. Metode penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksplanatoris, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisian determinasi, uji hipotesis secara parsial dan uji hipotesis secara simultan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Secara parsial variasi hasil pertanian berpengaruh sigifikan terhadap minat pembeli pada Pondok Pesantren Al-Ittifaq. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5.590, sedangkan untuk t tabel dengan taraf kepercayaan 5% adalah 1.991, sehingga t hitung > t tabel atau 5.590 > 1.991, 2). Secara parsial tingkat harga berpengaruh signifikan terhadap minat pembeli pada Pondok Pesantren Al-Ittifaq. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4.840, sedangkan untuk t tabel dengan taraf kepercayaan 5% adalah 1.991 sehingga t hitung > t tabel atau 4.840 > 1.991, 3). Secara simultan variasi hasil pertanian dan tingkat harga berpengaruh signifikan terhadap minat pembeli pada Pondok Pesantren Al-Ittifaq. Hal ini dibuktikan dari nilai f hitung sebesar 20.987, dengan taraf signifikan sebesar 5% maka didapat f tabel sebesar 3.11. Hasil tersebut memperkuat teori yang dikemukakan oleh Rahmawaty penelitian dengan judul “Pengaruh Variasi Produk, Harga, dan Customer Experience terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta”.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Variasi Hasil Pertanian; Tingkat Harga; Minat Pembeli
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:54
Last Modified: 22 Feb 2021 05:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37216

Actions (login required)

View Item View Item