Rojak, Johan (2020) Hubungan antara status sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar, dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak: Studi Kasus di KKM Aliyah I Bandung Kab.Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (724kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (755kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
Abstract
Kelompok Kerja Madarasah Aliyah I Bandung Kabupaten Bandung sebagai Madrasah yang bonafit yakni didukung oleh status sosial ekonomi keluarga yang menengah ke atas, motivasi belajar yang tinggi dan kedisiplinan yang bagus terutama pada mata pelajaran akidah akhlak tetapi pada kenyataan dilapangan, bahwa hasil belajar akidah akhlak siswanya sangat rendah di kelompok kerja madrasah Aliyah I Bandung Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2017/2020 38.66% artinya tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75.22. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan antara hubungan status sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar, dan kedisiplinan dengan hasil belajar akidah akhlak di Kelompok Kerja Madrasah Aliyah I Kabupaten Bandung. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini bahwa hasil belajar akidah akhlak terdapat hubungan dengan status sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar dan kedisiplinan belajar. Dengan demikian apabila seorang siswa telah terpenuhi segala kebutuhannya dan motivasi belajar siswa yang baik dan disiplin bagus dalam segala hal, sehingga hal ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya terutama pada mata pelajaran akidah akhlak Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yakni menggunakan metode korelasi. Adapun sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa madrasah Aliyah I di kelompok kerja madrasah Aliyah Kabupaten Bandung dengan mengambil populasi 660 siswa kelas XII Jurusan Agama dan jika ditarik sampel 87 siswa, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara status sosial ekonomi keluarga (X1) dengan hasil belajar akidah akhlak (Ŷ) dengan mengikuti persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 9,993+0,262X1; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar akidah akhlak (Ŷ), dengan mengikuti persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 16,798+0,152X2; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar (X3) dengan hasil belajar siswa (Ŷ) dengan mengikuti regresi linear sederhana Ŷ = 26,665+0,027; (4) Terdapat hubungan antara status sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar siswa dan kedisiplinan siswa terhadap belajar akidah akhlak dengan mengikuti persamaan regresi ganda Ŷ = 10,774+0,234X1+0,0324X2+0,025X3. Hasil penelitian ini mempunyai implikasi dalam upaya peningkatan hasil belajar akidah akhlak di kelompok madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung dengan memperhatikan status sosial ekonomi keluarga, meningkatkan motivasi belajar, dan meningkatkan kedisiplinan dengan hasil belajar akidah akhlak siswa di Kelompok Kerja Madrasah Aliyah I Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Status sosial; ekonomi; motivasi belajar; hasil belajar; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Haris Maiza Putra |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 07:15 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 07:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37318 |
Actions (login required)
View Item |