Pengaruh dimensi kepemimpinan kepala sekolah dan sistem penjaminan mutu internal terhadap mutu kompetensi guru SMA swasta di SMA Istiqamah Margacinta Bandung

Muliawati, Teti (2020) Pengaruh dimensi kepemimpinan kepala sekolah dan sistem penjaminan mutu internal terhadap mutu kompetensi guru SMA swasta di SMA Istiqamah Margacinta Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data Rapor Mutu tahun 2018, nilai Standar Kompetensi Lulusan SMA Istiqamah memperoleh capaian kategori Menuju SNP 4. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya sistematis yang dilaksanakan oleh sekolah utuk meningkatkan capaian hasil rapor mutu sekolah yang lebih baik. Maka penting sekali manajemen digunakan dengan maksimal agar tujuan pendidikan dapat tercapai untuk meningkatkan dan menguatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh dimensi kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu kopetensi guru (2) pengaruh sistim penjaminan mutu internal terhadap mutu kompetensi guru (3) pengaruh dimensi kepemimpinan kepala sekolah, dan SPMI terhadap mutu kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif korelatif. Penelitian ini dilakukan dengan angket dan hasil tes pada 35 guru sebagai responden di SMA Istiqamah Margacinta Bandung. Sedangkan untuk pengolahan serta penganalisaan datanya dengan teknik penganalisaan statistik SPSS V. 25. Hasil penelitian, menunjukkan, bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dan linier dengan nilai Sig. (2-tailed) antara variabel dimensi kepemimpinan kepala sekolah dengan variabel mutu kompetensi guru sebesar 0,000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan korelasi yang signifikan antara kedua variabel tersebut 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan linier dengan nilai Sig. (2-tailed) antara variabel sistim penjaminn mutu internal dengan variabel mutu kompetensi guru sebesar 0,000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan korelasi yang signifikan antara kedua variabel. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan pengujian korelasi antara variabel dimensi kepemimpinan kepala sekolah dan sistim penjaminan mutu internal secara simultan terhadap mutu kompetensi guru dengan nilai Correlations 0,000 <0,05 dan nilai regresinya Y = 7.934 b0 + 0, 308 X1 + 0, .636 X2. Sedangkan (kontribusi) X1 dan X2 terhadap Y dilihat dari sumbangan (kontribusi) X1 dan X2 terhadap Y dilihat dari R = 0,915 dan koefisien determinasi (R Square) = 0,922 termasuk pada kategori sangat kuat. Hal ini menunjukkan bahwa mutu kompetensi guru dipengaruhi sebesar 92,2% oleh dimensi kepemimpinan kepala sekolah dan sistem penjaminan mutu internal secara bersama-sama, sedangkan sisanya (100% - 92,2 % = 7,8 %) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Kepemimpinan; Penjaminan Mutu; Kompetensi Guru
Subjects: Applied Psychology > Leadership
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Teti Muliawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:55
Last Modified: 27 Jan 2022 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37434

Actions (login required)

View Item View Item