Hidayat, Deasy Nurma (2020) Implementasi program keberagamaan dalam mengembangkan akhlak karimah peserta didik: Penelitian di SMPIT Insan Teladan Cileunyi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (660kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya krisis akhlak karimah di kalangan peserta didik, khususnya peserta didik pada fase remaja. Kemudian bagaimanakah akhlak karimah peserta didik pada fase remaja apabila hidup di lingkungan sekolah yang memiliki program keberagamaan. Program keberagamaan yang diimplementasikan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi, bertujuan agar peserta didiknya memiliki karakter Qurani dan karakter Islami. Berarakter Qurani maksudnya karakter yang dimiliki harus sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunah dan berkarakter Islami maksudnya karakter yang dimiliki harus sesuai dengan ajaran Islam. Program keberagamaan yang dilaksanakan di sekolah ini, diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap akhlak karimah peserta didik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan program keberagamaan yang diimplementasikan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi, dengan empat poin inti yaitu sebagai berikut; 1) Desain program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi; 2) Implementasi program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi; 3) Akhlak karimah peserta didik sebagai hasil dari implementasi program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi; 4) Faktor pendukung dan penghambat program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi. Implementasi program keberagamaan dalam mengembangkan akhlak karimah peserta didik merupakan pelaksanaan atau penerapan kegiatan dari perencanaan yang sebelumnya telah disusun secara matang dan terperinci. Hal ini dilakukan agar dapat mengembangkan akhlak mulia peserta didik, yang dilakukan secara bertahap dan teratur yang menjurus kepada tujuan yang dikehendaki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik uji keabsahan data. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Desain program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi terdiri dari kegiatan harian (Circle time, Salat zuhur berjamaah, Pembelajaran Al-Quran), kegiatan pekanan (Mentoring, Muhadoroh, Tadarus al-Kahfi, Keputrian dan salat Jumat, Berinfak) dan kegiatan lainnya (One Day PENDIKAR, MABIT, PHBI). 2) Program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi diimplementasikan ke dalam kegiatan harian (Circle time, Salat zuhur berjamaah, Pembelajaran Al-Quran). Kegiatan Pekanan (Mentoring, Muhadoroh, Tadarus al-Kahfi, Keputrian dan salat Jumat, serta Berinfak). Kegiatan lainnya (One Day PENDIKAR, MABIT, PHBI). 3) Akhlak karimah peserta didik sebagai hasil implementasi program keberagamaan di SMPIT Insan Teladan Cileunyi, yaitu peserta didik secara umum memiliki akhlak karimah sebagai hasil dari implementasi program tersebut. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program keberagamaan dalam mengembangkan akhlak karimah peserta didik bersifat internal dan eksternal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Program Keberagamaan; Akhlak Karimah; Peserta Didik |
Subjects: | Ethics, Moral Philosophy > General Publications of Etics Religious Ethics |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Deasy Nurma Hidayat |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 05:25 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 02:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37496 |
Actions (login required)
View Item |