Penggunaan metode pembelajaran bagian untuk meningkatkan kemampuan menghafal Ayat Al-Quran pada mata pelajaran Al-Quran Hadits: Penelitian tindakan kelas di Kelas II MI Miftahul Huda Kota Cimahi

Awaliyah, Risma (2019) Penggunaan metode pembelajaran bagian untuk meningkatkan kemampuan menghafal Ayat Al-Quran pada mata pelajaran Al-Quran Hadits: Penelitian tindakan kelas di Kelas II MI Miftahul Huda Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas II di MI Miftahul Huda Kota Cimahi, yakni rendahnya kemampuan menghafal ayat Al-Quran siswa, yang dibuktikan dengan belum tercapainya nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal ini terjadi karena Guru melakukan pembelajaran hanya dengan menggunakan metode konvensional,sehingga siswa masih merasa kesulitan dalam menghafal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) kemampuan menghafal ayat Al-Quran sebelum penerapan metode pembelajaran bagian 2) prose penggunaan metode pembelajaran bagian untuk meningkatkan kemampuan menghafal ayat Al-Quran dengan diterapkannya metode pembelajaran bagian 3) kemampuan menghafal ayat Al-Quran dengan menggunakan metode pembelajaran bagian. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan menghafal Al-Quran dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran bagian. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan metode pembelajaran bagian diduga dapat meningkatkan kemampuan menghafal ayat Al-Quran. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Miftahul Huda Kota Cimahi yang berjumlah 25 orang siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. analisa data dapat dilakukan dengan mrnggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukan ketika 1) metode pembelajaran bagian diterapkan, aktivitas belajar dan presentasi kemampuan menghafal ayat Al-Quran mengalami peningkatan. 2) hasil observasi yang dilakukan aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I hingga siklus II. Presentase yang diperoleh yaitu siklus I tindakan I 60% termasuk kategori cukup, tindakan II 72% kategori baik, siklus II tindakan I 89% termasuk kategori baik sekali dan tindakan II 100% termasuk baik sekali. 3) Peningkatan presentase kemampuan menghafal ayat Al-Quran dari pra siklus , siklus I dan siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa dari pra siklus sebesar 54,5 termasuk kategori kurang, siklus I tindakan I sebesar 66,5 termasuk kategori cukup, dan tindakan II sebesar 75 termasuk kategori cukup, siklus II tindakan I sebesar 82 termasuk kategori baik dan tindakan II 84 termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menghafal siswa; metode bagian
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risma Awaliyah
Date Deposited: 12 Mar 2021 01:06
Last Modified: 12 Mar 2021 01:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37553

Actions (login required)

View Item View Item