Persepsi khalayak terhadap program Citizen Journalism radio : Studi deskriptif pada pendengar radio Pikiran Rakyat 107,5 FM di Kota Bandung

Ar Rahman, Al Fadhilla Auliya (2020) Persepsi khalayak terhadap program Citizen Journalism radio : Studi deskriptif pada pendengar radio Pikiran Rakyat 107,5 FM di Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Berita memiliki peran yang penting dalam memberikan informasi yang faktual serta aktual kepada masayarakat. Berita merupakan kejadian atau adanya informasi tentang sesuatu yang nyata, tidak dibuat-buat serta mengandung peristiwa yang layak untuk dijadikan sebuah sajian yang informatif bagi masyarakat. Program citizen journalism yang disiarkan di radio merupakan kunci utama yang ada di Radio 107.5 PRFM untuk menyampaikan sebuah berita, program Citizen Report mempunyai khas tersendiri yang masih dipertahankan selama ini, serta senantiasa menyajikan berita dari citizen journalism dengan kualitas yang baik sehingga banyak pendengar Radio PRFM masih setia untuk mendengarkan program Citizen Report di Radio 107.5 PRFM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara umum pendengar yang ada di Kota Bandung mengenai persepsi mereka terhadap program Citizen Report di Radio 107.5 PRFM. Dengan tiga fokus pertanyaan yaitu seleksi, interpretasi dan reaksi yang diberikan pendengar setelah mendengarkan siaran program Citizen Report di Radio 107.5 PRFM. Penelitian ini didasarkan oleh konsep persepsi yang dikembangkan oleh Alex Sobur yaitu seleksi, interpretasi serta reaksi. Konsep persepsi tersebut ditunjukkan untuk mengetahui bagaimana persepsi pendengar mengenai program Citizen Report di Radio 107.5 PRFM. Informan dalam penelitian ini adalah pendengar setia Radio PRFM yang mana sudah lama mendengarkan Radio PRFM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekataan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya seleksi dari para pendengar tentang program Citizen Report, hal ini terlihat dari pendengar mengetahui keberadaan program, seta merasakan adanya manfaat dari program tersebut. Masing-masing pendengar memilki ketertarikan serta menyukai program Citizen Report. Pendengar merasa yakin dan percaya akan berita yang disiarkan didalam program Citizen Report, sehingga berkeinginan untuk mendengarkannya kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: persepsi; citizen journalism; berita;
Subjects: Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Alfadhilla Auliya Ar Rahman
Date Deposited: 10 Mar 2021 05:39
Last Modified: 10 Mar 2021 05:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37632

Actions (login required)

View Item View Item