Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap sistem periklanan digital JV Adsense berbasis profit sharing

Taufiq, Ihsan Muhammad (2020) Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap sistem periklanan digital JV Adsense berbasis profit sharing. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

JV Adsense merupakan layanan adsense atau biasa disebut dengan periklanan berbasis digital menggunakan media internet untuk mendapatkan pundi – pundi uang tanpa bekerja secara langsung, hanya bermodalkan akses internet dan memiliki alamat situs/website sendiri. JV Adsense erat kaitannya dengan Google Adsense karena merupakan layanan pihak ketiga sebelum dengan publisher (Seorang pemilik situs/website), sebagai seorang publisher sudah semestinya kita harus ikut mendaftar sebagai mitra program layanan ini, tentu untuk mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana sistem pelaksanaan Kontrak Google Adsense, JV Adsense Dengan Publisher.Untuk mengetahui kontrak kerjasama JV Adsense menurut Hukum Ekonomi Syariah. Penelitian ini berdasar dari pemikiran bahwa layanan JV Adsense ini merupakan muamalah yang belum pernah di bahas dalam al-Quran dan as-Sunah secara langsung, maka hokum nya dikembalikan kepada hukum asal muamalah yaitu mubah atau boleh, adapun termasuk ta’awun (tolong menolong). Metode yang digunakan dalam penelitian ini disusun menggukan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, pustaka, dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini disusun dengan Mengumpulkan data dari sumber data, Menyeleksi data, mengkalifikasikan dari data yang diperoleh, dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan 1) untuk dapat mengikuti program adsense ini tentunya kita diwajibkan memiliki koneksi internet dan sebuah situs/website dengan jumlah pengunjung yang terbilang tinggi setiap bulannya, dan harus menaati dan mengikuti setiap prosedur yang telah ditentukan baik oleh pihak Google maupun JV Adsense, 2) Kontrak kerjasama pada JV Adsense berpihak sebagai perantara antara publisher dengan Google Adsense, dengan persyaratan yang lebih sederhana dan memudahkan kita untuk bergabung, 3) Menurut Hukum Ekonomi Syariah kontrak yang terjadi antara pihak dalam layanan ini termasuk kedalam persekutuan atau biasa disebut dengan akad Syirkah Amwal dan tentu sebagai penyedia iklan google telah memfilter iklan yang ditayangkan dalam situs kita agar sesuai dengan norma hukum yang berlaku, walaupun ada iklan yang sejatinya tetap muncul yang dirasa kurang sesuai dengan syariah, tapi dapat kita batasi dengan pengaturan filter pencarian agar iklan yang tampil sesuai dengan keinginan kita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Adsense; Muamalah; Hukum; Iklan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ihsan Muhammad Taufiq
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:06
Last Modified: 16 Mar 2021 07:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37843

Actions (login required)

View Item View Item