Pengaruh working capital dan revenue terhadap gross profit pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi Pt. Elnusa Tbk. Periode 2009-2019

Izzaturohmaniah, Luluk (2021) Pengaruh working capital dan revenue terhadap gross profit pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi Pt. Elnusa Tbk. Periode 2009-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_bab1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (8_BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh working capital yaitu sejumlah dana yang dikeluarkan perusahaan untuk membiayai kegiatan sehari-hari, seperti pembelian bahan baku, membayar upah dan membayar biaya-biaya lainnya. Dana tersebut sangat berpengaruh dalam proses produksi, karena dana yang telah dikeluarkan diharapkan akan kembali masuk dalam jangka waktu pendek melalui hasil penjualan barang dagangan. Semakin tinggi tingkat penjualan disertai dengan tingginya biaya yang dikeluarkan maka semakin tinggi pula laba yang akan diperolah perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar 1) pengaruh working capital secara parsial terhadap gross profit pada PT. Elnusa Tbk. 2) pengaruh revenue secara parsial terhadap gross profit pada PT. Elnusa Tbk. 3) pengaruh working capital dan revenue secara simultan terhadap gross profit pada PT. Elnusa Tbk. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang mengatakan bahwa semakin tinggi working capital dan semakin tinggi revenue, maka akan semakin tinggi gross profit. Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah working capital dan revenue sebagai variabel independen dan gross profit sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dipakai adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan PT. Elnusa Tbk. yang berasal dari halaman website resmi. Analisis data yang digunakan antara lain Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinasi, dan Analisis Hipotesis Uji T dan Uji F. Adapun pengolahan data menggunakan manual dan SPSS for Windows V.20. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) working capital tidak berpengaruh singnifikan terhadap gross profit secara parsial dengan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 19,4%. 2) revenue tidak berpengaruh signifikan terhadap gross profit secara parsial dengan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,02%. 3) working capital dan revenue tidak berpengaruh signifikan terhadap gross profit secara simultan dengan koefisien determinasi sebesar 23,1% di PT. Elnusa Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Working capital; revenue; gross profit;
Subjects: Financial Economics, Finance
Administration of Economy
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Luluk Izzaturohmaniah
Date Deposited: 18 Mar 2021 08:22
Last Modified: 18 Mar 2021 08:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37955

Actions (login required)

View Item View Item