Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis

Asnawati, Aas (2020) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_bab1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (8_BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group-pretest-posttest-design. Penelitian dilaksanakan di SMAI YAPPAS Tasikmalaya yang berjumlah satu kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh dimana sampel yang diambil adalah seluruh kelas XI IPA dengan jumlah peserta 25 peserta didik. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data peningkatan pemahaman konsep peserta didik diperoleh dari pretest dan posttest berbentuk tes uraian. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan peserta didik selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Rata-rata aktivitas guru sebesar 85% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik sebesar 87% dengan kategori baik. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis diperoleh dari perhitungan N-Gain menggunakan uji Liliefors dengan hasil 0,41 terkategori sedang. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi fluida statis. Dengan demikian model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT);Fluida statis.
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Aas Asnawati
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:17
Last Modified: 22 Mar 2021 02:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38040

Actions (login required)

View Item View Item