Maptuh, Sopiyah (2019) Peran shalat Dhuha dalam meningkatkan tingkat kedisiplinan siswa : Studi kasus pada kelas X siswa SMA Al-Ghifari Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (729kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan agama adalah salah satu yang paling harus diberikan kepada anak dari mulai usia dini, salah satunya adalah mengenai shalat. Shalat dibagi menjadi dua jenis yaitu shalat wajib dan sunnah, dalam shalat sunnah banyak sekali macamnya salah satunya adalah shalat dhuha. Shalat dhuha merupakian shalat sunnah yang dilakukan atau dikerjakan oleh Nabi Muhammad Saw. saat matahari mulai naik dari arah ukuf timur dan berakhir pada pertengahan hari kira-kira apabila hal itu disesuaikan dengan waktu Indonesia adalah jam 07 pagi sampai dengan sebelum dzuhur. Shalat dhuha dilakukan sebelum memulai aktifitas pagi yang lainnya seperti yang dilakukan melalui program pembiasaan shalat dhuha di sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan, dengan adanya program pembiasaan shalat dhuha akan memberikan peranan penting bagi siswa dalam mengatur kedisiplinan. Kedisiplinan erat kaitannya dengan program sekolah. Namun tideak semua sisa dapat dengan langsung bisa mengikuti program pembiasaan ini karena peralihan dari masa remaja awal menuju masa dewasa awal, sehingga bisa dilihat bagaimana peranan shalat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan shalat dhuha dan seberapa besar peranan shalat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan siswa X SMA Al-Ghifari Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Dengan menggunakan pendekatan assosiatif. Sedangkan teknik atau alat penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakann sampling jenuh. Teknik pengumpulan pada penelitian ini menggunakan koefisien regresi secara parsial (Uji T) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan program shalat dhuha ini secara efektif dapat meningkatkan kedisiplinan siswa berdasarkan hasil besar presentase pengaruh (peran) pelaksanaan shalat dhuha (X) memberikan pengaruh sebesar 28% terhadap disiplin belajar siswa (Y) pada siswa kelas X SMA Al-Ghifari Bandung. Sedangkan sisanya sebesar 71,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati penulis dalam penelitian ini. Kata Kunci: Shalat Dhuha, Kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shalat dhuh; kedisiplinan |
Subjects: | Religious Experiences |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Sopiyah Maptuh |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 01:52 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 01:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38172 |
Actions (login required)
View Item |