Rahayunita, Shalma (2020) Penerapan pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) berbantuan Schoology untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematis dan Self-Confidence siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMK Negeri 4 Bandung. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) berbantuan Schoology. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology dengan konvensional; (2) Perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology dengan konvensional berdasarkan PAM kategori tinggi, sedang, dan rendah; dan (3) Perbedaan peningkatan self-confidence siswa sebelum dan sesudah yang memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang melibatkan sampel 59 siswa SMK Negeri 4 Bandung yaitu 29 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kemampuan komunikasi matematis, tes PAM dan lembar skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan peningkatan komunikasi matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology dengan konvensional; (2) Terdapat perbedaan pencapaian komunikasi matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology dengan konvensional berdasarkan PAM kategori tinggi, sedang dan rendah; (3) Terdapat perbedaan peningkatan self-confidence siswa sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology; (4) Siswa mengalami kesulitan pada saat menghubungkan gambar ke dalam ide matematis; dan (5) Tanggapan guru positif terhadap pembelajaran berbantuan Schoology. Implikasi penelitian ini yaitu dalam penerapan pembelajaran GQGA berbantuan Schoology telah memperkuat keaktifan belajar siswa serta meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA); Schoology; Kemampuan Komunikasi Matematis; Self-Confidence |
Subjects: | Education Education > Statistic of Education Education > Research and Statistical Methods Mathematics Mathematics > Philosopy and Theory of Mathematics Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics Algebra > Foundations of Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Shalma Rahayunita |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 05:24 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 05:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38320 |
Actions (login required)
View Item |