Fatmawati, Siti Fani (2021) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan Fong Schematic Model for error analysis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (528kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
Abstract
Matematika memiliki peranan yang penting dalam kehidupan, salah satu peranan tersebut menjadikan matematika sebagai alat berpikir pada sebuah analisis untuk menarik suatu kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan Fong Schematic Model for Error Analysis. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas X SMK Industri Nasional 1 Bekasi, dengan teknik pengumpulan data pemberian soal pemecahan masalah matematis dan wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan Fong Schematic Model for Error Analysis yaitu E1 sebesar 2,32%, E2 sebesar 5,40%, E3 sebesar 3,87%, E4 sebesar 48,06%, dan E5 sebesar 40,31%. Kesalahan tingkat II yang terjadi pada skema E2, E4 dan E5 yaitu kesalahan bahasa, operasional dan tema matematika. Solusi untuk menghindari kesalahan yang dilakukan oleh siswa diantaranya memberi penguatan kepada siswa sebisa mungkin menguasai setiap materi yang telah dipelajari dengan menerapkan pembelajaran yang membuat siswa aktif untuk banyak berlatih dengan berbagai macam variasi soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan; Fong Schematic Model for Error Analysis; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siti Fani Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 06:08 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 06:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38342 |
Actions (login required)
View Item |