Adawiah, Siti Hanah (2020) Korelasi keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan Manusia : Penelitian dilaksanakan pada kelas VIII SMPN 8 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kritis merupakan suatu berpikir yang secara beralasan dan tanpa di sadari tentang apa yang harus dilakukan, komponen penting dari berpikir kritis adalah kemampuan siswa dalam mereflesikan belajar mereka sendiri. ketika seseorang mementoring kemajuan belajarnya, maka pada saat yang sama ia juga mengubah strateginya ketika dia merasa apa yang dilakukannya tidak betul. Realita di lapangan menunjukan banyak yang berorientasi kearah pembiasaan dan peningkatan kecakapan keterampilan berpikir kritis rendah, belum menitik beratkan pada kemampuan kognitif berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis). Selain kemampuan berpikir kritis rendah, hasil belajarnya pun juga demikian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pecernaan kelas VIII SMPN 8 Bandung. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan meliputi lembar soal tes berpikir kritis siswa, nilai tes hasil belajar siswa dan lembar wawancara. Sampel yang digunakan yaitu kelas C sebanyak 40 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari variabel berpikir kritis siswa sebesar 54,00 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi materi sistem pencernaan adalah 79.00 dengan kategori kuat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel (12,226>5,39). Kesimpulan dari hasil pengujian ini adalah bahwa ada hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa yang bersifat nyata dengan taraf signifikan 20,5%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Korelasi; Sistem Pencernaan |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Biology > Statistical Methods of Biology Mammalia, Mammals > Human Biological Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Siti Hanah Adawiah |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 06:53 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38349 |
Actions (login required)
View Item |