Hubungan kemampuan pemecahan masalah dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi virus kelas X SMA Negeri 25 Kota Bandung

Zahro, Syifa Nurhayati (2021) Hubungan kemampuan pemecahan masalah dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi virus kelas X SMA Negeri 25 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi virus, 2) mendeskripsikan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi virus, 3) menganalisis hubungan kemampuan pemecahan masalah dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi virus. Metode penelitian yang digunakan ialah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, soal tes, serta dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah dan soal tes kemampuan kognitif yang diujikan pada 36 orang peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 25 Kota Bandung tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik beragam pada setiap indikatornya dengan perolehan rata rata nilai sebesar 85.62 (kualifikasi baik). Begitupun Hasil belajar kognitif peserta didik, dalam setiap capaian indikatornya beragam, perolehan rata rata nilai sebesar 87.91 yang berada pada kualifikasi baik. Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dengan hasil belajar kognitif peserta didik berkorelasi positif. Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0.672 berada pada kategori kuat. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi 0,000< 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Uji determinasi pada penelitian korelasi ini menghasilkan sebesar 0,44. Angka tersebut menunjukkan bahwa pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 44%, sehingga terdapat 56% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar kogitif peserta didik pada materi virus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah;Hasil Belajar Kognitif;Virus.
Subjects: Education
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: syifa nurhayati
Date Deposited: 31 Mar 2021 06:52
Last Modified: 31 Mar 2021 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38484

Actions (login required)

View Item View Item