Susilawati, Esti (2019) Pengaruh Empati terhadap Perilaku Bullying pada Siswa MTs X di Garut. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa MTs salah satu pesantren di Garut. Setelah dilakukan studi pendahuluan didapatkan hasil yang menunjukan sering terjadinya perilaku bullying pada siswa dan empati yang rendah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku bullying pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh empati terhadap perilaku bullying pada siswa serta mengetahui seberapa besar pengaruh empati terhadap perilaku bullying pada siswa MTs X di Garut. Perilaku bullying merupakan tindakan intimidasi yang dilakukan seseorang/kelompok terhadap orang lain baik secara fisik maupun psikis secara berulang dengan tujuan untuk menyakiti korban. Sedangkan empati merupakan keadaan psikologis seseorang yang dapat menempatkan dirinya ke dalam pikiran-pikiran, perasaan-perasaan, kondisi orang lain tanpa harus terlibat secara nyata di dalamnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi adalah 277 siswa MTs X di Garut. Dari jumlah tersebut dipilih 159 siswa sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan model skala likert. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh empati terhadap perilaku bullying pada siswa MTs X di Garut. Siswa yang memiliki empati tinggi akan memberikan pengaruh dalam meminimalisasi perilaku bullying di dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula sebaliknya saat siswa memiliki empati rendah, maka akan berpengaruh terhadap munculnya perilaku bullying yang lebih tinggi pada siswa tersebut. Adapun pengaruh empati (X) terhadap perilaku bullying (Y) sebesar 43,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | empati; bullying; siswa; pesantren |
Subjects: | Psychology > General Publications of Psychology Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults Social Theology and Interreligious Relations and Attitudes |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Esti Susilawati |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 08:00 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 01:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38488 |
Actions (login required)
View Item |