Nurhidayah, Nazma Kamilatul (2020) Profil kemandirian belajar dan sikap siswa menggunakan pembelajaran daring pada materi Biologi kelas VIII : Penelitian survei pada siswa kelas VIII SMP Al-Amanah Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (630kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (973kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
Abstract
Revolusi Industri 4.0 merupakan suatu era terjadinya perubahan teknologi secara besar-besaran. Perubahan teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh bidang pendidikan dalam masa pandemic covid-19 yang memberlakukan proses pembelajaransecara daring.Oleh karena itu, kemandirian belajar dan sikap terhadap pembelajarandaringyang baik sangat diperlukan mengingat siswatidak didampingi langsung oleh guru.Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis kemandirian belajar siswa menggunakan pembelajaran daring pada materi biologi dan menganalisis sikap siswa terhadappembelajaran daring pada materi biologi.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan respondensebanyak 115 siswa di SMP Al-Amanah Cileunyi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument angket kemandirian belajar,angket sikap siswa terhadap pembelajaran daringdan wawancara. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2020.Hasil penelitian terhadap variabel kemandirian belajar diperoleh hasil sebesar 71% atau berada pada kategori “Sedang”. Hal tersebut dikarenakan siswa belum sepenuhnya memahami penggunaan teknologiserta fasilitas dan jaringan yang kurang memadai. Sedangkan pada variabel sikap terhadap pembelajarandaringdidapatkan hasil sebesar 65% atau berada pada kategori “CukupBaik”.Hal tersebut dikarenakan sebagian siswa masih belum mampu beradaptasi ditandai dengan sikap siswa yang sangat beragam seperti ada yang aktif dan ada pula yang kurang aktif saat pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar; Pembelajaran Daring; Sikap; Survey |
Subjects: | Education, Research Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nazma Kamilatul Nurhidayah |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 08:31 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 08:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38641 |
Actions (login required)
View Item |