Implementasi muraqabah dalam memperkuat ingatan pasien prolanis kepada Allah : Studi kasus di UPTD Puskesmas Cidahu, Kec. Cidahu, Kab. Kuningan

Septiani, Sandra Nur (2020) Implementasi muraqabah dalam memperkuat ingatan pasien prolanis kepada Allah : Studi kasus di UPTD Puskesmas Cidahu, Kec. Cidahu, Kab. Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy

Abstract

Manusia diciptakan oleh Allah swt. dengan begitu sempurna, yang menjadikannya sebagai Rahmatallil ‘alamin. Manusia merupakan makhluk hidup yang lebih sempurna, dalam kehidupannya manusia berkembang dan menagalami sebuah perubahan dalam segi fisiologis maupun psikologis. Mental sangat mempengaruhi kehidupan manusia dalam menjalankan kehidupan dimuka bumi, ketika keseimbangan antara dua unsur elemen tersebut tidak sejalan, akan timbulnya penyakit dalam dirinya, berupa cemas dan yang tidak terkontrol akan menimbulakan suatu penyakit fisik. Manusia yang secar fisiknya sudah terganggu maka ia akan lalai atau lupa terhadap apa yang sudah menjadi kewajiban, manusia akan sadar bahwa Allah swt. juga selalu melihat-Nya dengan penuh kepedulian, arahan, dan aturan positif yang terdapat dalam dirinya. Berdasarkan hal tersebut. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman Pasien Prolanis terhadap Muraqabah dan untuk mengetahui Implementasi Muraqabah dalam Memperkuat Ingatan Pasien Prolanis kepada Allah di UPTD Puskesmas Cidahu kab. Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini berjumlah 6 responden, 1 dari tenaga medis dan 5 peserta prolanis. Muraqabah dalam segi istilah diartikan sebagai senatiasa memandam dengan hati kepada Allah swt. dan selalu memperhatikan apa yang diciptakan-Nya dan tentang hukum-Nya. Muraqabah merupakan cara untuk merasakan kehadiran Allah swt. dan merupakan suatu langkah awal dari taubatnya seseorang yang telah menyesali perbuatannya yang terdahulu untuk menuju lebih baik lagi, dan menjaganya hingga tidak mengulanginya kembali. Menurut Al-Ghazali muraqabah yaitu kontrol diri, sedangkan Para sufi mengartikan muraqabah sebagai suatu mawas diri yang artinya meneliti dan merenung apakah tindak-tanduk setiap harinya sesuai dengan apanyang telah dikendaki oleh allah atau bahkan ada yang menyimpag dari apa yang telah dikehendaki-Nya. Hasil dari penelitian ini, muraqabah merupakan suatu cara yang bisa mendekatkan seseorang terhadap Allah swt. dan langkah awal untuk bertaubat. sifat muraqabah akan selalu untuk bisa mengontrol dirinya, kareana suatu pangkal ketaatan dan bisa untuk melindungi dari perbuatan dosa. Muraqabah juga dapat berpengaruh pada ingatan dan pikiran seseorang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Muraqabah;Pasein
Subjects: Subconscious and Altered States and Process
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Sandra Nur Septiani
Date Deposited: 12 Apr 2021 12:56
Last Modified: 12 Apr 2021 12:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38699

Actions (login required)

View Item View Item