Pengaruh pola hidup sederhana dalam mengatasi perilaku konsumtif belanja online : Studi kasus pada santri putri di Pondok Pesantren Al-Ihsan Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Insani, Syifa Mustika (2020) Pengaruh pola hidup sederhana dalam mengatasi perilaku konsumtif belanja online : Studi kasus pada santri putri di Pondok Pesantren Al-Ihsan Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren merupakan tempat untuk menuntut ilmu agama. Kehidupan di pondok pesantren berusaha menumbuhkan pola hidup sederhana kepada santrinya dan selalu berpegang pada asas hidup hemat.Pola hidup sederhana inilah yang menjadi watak khas dari kehidupan di pesantren. Dapat terlihat jelas dari mulai cara berpakaian, cara berbicara, dan juga cara santri tersebut dalam memenuhi kebutuhannya dan cara membelanjakan sesuatu tentu sangat berbeda dengan mahasiswi yang bukan santri. Namun semakin berkembangnya teknologi terjadilah perugahan gaya hidup di kalangan santri. Terutama dengan di permudahnya teknologi, informasi pun berkembang pesat bahkan dengan topik yang sedang hangat di perbincangkan di kalangan mahasiswa yaitu dengan di permudahnya sistem belanja online. Sehingga perilaku konsumtif terhadap belanja online pun dapat berkembang di kalangan santri putri tersebut. Apalagi dengan di permudahnya cara berbelanja dengan transaksi online. Perubahan gaya hidup tersebut memunculkan dampak negatif salah satunya dengan munculnya perilaku konsumtif. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola hidup sederhana terhadap perilaku konsumtif belanja online pada santri putri Pondok Pesantren Al-Ihsan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantittif menggunakan angka, dari mulai pengumpulan data melalui instrumen, penafsiran terhadap angka tersebut, serta penampilan dari hasil data yang telah diolah. Dengan teknik pengumpula data melalui angket secara offline dengan di sebar ke setiap asrama dan secara online melalui google form. Pola hidup yaitu perilaku sehari-hari yang sesuai dengan kemampuannya dan juga tidak mencerminkan sikap berlebihan ataupun tidak pula mengandung unsur kemewahan dan akan menjadikan hidup lebih menyenangkan dan bahagia. Sedangkan perilaku konsumtif adalah kecenderungan seseorang untuk mengkonsumsi barang secara berlebihan dan lebih mengikuti faktor emosinya semata dan mengesampingkan faktor rasional atau lebih mementingkan keinginan dibandingkan dengan kebutuhannya Berdasarkan data penelitian signifikan dengan kata lain ada pengaruh antara variabel Pola Hidup Sederhana (X) terhadap variabel Perilaku Konsumtif (Y) memiliki kolerasi dengan derajat hubungan kuat dan bentuk kolerasinya adalah bersifat positif sebesar 96,675 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada hubungan variabel X (pola hidup sederhana) dengan variabel y (perilaku Konsumtif).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Hidup Sederhana; Perilaku Konsumtif; Santri Putri Pondok Pesantren Al-Ihsan
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Syifa Mustika Insani
Date Deposited: 21 Apr 2021 01:34
Last Modified: 21 Apr 2021 01:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38873

Actions (login required)

View Item View Item