Pengembangan Adventure Game berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi

Pratama, Puji (2021) Pengembangan Adventure Game berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik pada pembelajaran abad 21. Media pembelajaran sebagai alat komunikasi antara guru dan peserta didik menjadi elemen penting pada proses melatihkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menguji kelayakan media, mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi, serta respon peserta didik terhadap media adventure game berbasis android. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain and development. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Bojongsoang dengan jumlah sampel sebanyak 34 Orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, tes keterampilan berpikir kritis, LKPD dan angket respon peserta didik. Teknik analisis menggunakan perhitungan persentase skor lembar validasi media dan angket respon peserta didik, N-Gain, uji t paired sampel test, serta perolehan skor LKPD. Hasil penelitian ini adalah (1) Media adventure game berbasis android dikategorikan layak dengan persentase 88%. (2) Penggunaan media adventure game berbasis android dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,68 dan hasil uji t hitung (16,20) > t tabel (2,03) serta terdapat peningkatan skor rata-rata LKPD pada setiap pertemuannya. (3) Peserta didik memiliki respon positif terhadap media adventure game berbasis android dengan rata-rata persentase pertanyaan positif 78% dan pertanyaan negatif 47%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Adventure game; android; keterampilan berpikir kritis; usaha dan energi.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Puji Pratama
Date Deposited: 23 Apr 2021 07:38
Last Modified: 23 Apr 2021 07:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38945

Actions (login required)

View Item View Item