Pratama, Puji (2021) Pengembangan Adventure Game berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik pada pembelajaran abad 21. Media pembelajaran sebagai alat komunikasi antara guru dan peserta didik menjadi elemen penting pada proses melatihkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menguji kelayakan media, mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi, serta respon peserta didik terhadap media adventure game berbasis android. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain and development. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Bojongsoang dengan jumlah sampel sebanyak 34 Orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, tes keterampilan berpikir kritis, LKPD dan angket respon peserta didik. Teknik analisis menggunakan perhitungan persentase skor lembar validasi media dan angket respon peserta didik, N-Gain, uji t paired sampel test, serta perolehan skor LKPD. Hasil penelitian ini adalah (1) Media adventure game berbasis android dikategorikan layak dengan persentase 88%. (2) Penggunaan media adventure game berbasis android dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,68 dan hasil uji t hitung (16,20) > t tabel (2,03) serta terdapat peningkatan skor rata-rata LKPD pada setiap pertemuannya. (3) Peserta didik memiliki respon positif terhadap media adventure game berbasis android dengan rata-rata persentase pertanyaan positif 78% dan pertanyaan negatif 47%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adventure game; android; keterampilan berpikir kritis; usaha dan energi. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics General Management > Research and Development Management (R and D) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Puji Pratama |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 07:38 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 07:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38945 |
Actions (login required)
View Item |