Pengembangan soal interaktif untuk mengukur keterampilan penalaran ilmiah pada konsep momentum dan impuls

Setiawan, Yusup (2021) Pengembangan soal interaktif untuk mengukur keterampilan penalaran ilmiah pada konsep momentum dan impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan penalaran ilmiah (scientific reasoning) adalah keterampilan dalam pengambilan keputusan berdasarkan bukti-bukti yang ada. Keterampilan penalaran ilmiah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan indikator indikator Lawson Classroom Test of Scientific Reasoning (LCTSR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, kemampuan penalaran ilmiah peserta didik, dan respon peserta didik terhadap penggunaan soal interaktif berbasis quizizz dalam mengukur keterampilan penalaran ilmiah peserta didik. Prosedur penelitian ini menggunakan model 4D yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa soal interaktif berbasis quizizz untuk mengukur keterampilan penalaran ilmiah yang dikembangkan dinyatakan sangat layak pada peresentase 82,6% dengan tingkat kelayakan sangat layak. Hasil peresentase keterampilan penalaran ilmiah peserta didik pada indikator penalaran konservasi 25%, penalaran probabilistik 20,83%, penalaran proporsional 8,33%, penalaran korelasi 4,17%, penalaran variabel 8,33%, dan penalaran hipotesis-deduktif 12,50%. Soal memiliki kriteria respon positif yang dilihat dari hasil penilian peserta didik sebesar 88% dengan interpretasi sangat menarik, sehingga disimpulkan bahwa : 1) soal interaktif berbasis quizizz untuk mengukur keterampilan penalaran ilmiah sangat layak untuk digunakan; 2) rata-rata peserta didik memiliki keterampilan penalaran ilmiah dengan kategori kurang hingga sangat kurang; dan 3) peserta didik menyatakan bahwa soal interaktif berbasis quizizz untuk mengukur ketarampilan penalaran ilmiah sangat menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Soal interaktif; Quizizz; Keterampilan penalaran ilmiah; LCTSR
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Yusup Setiawan
Date Deposited: 28 Apr 2021 00:59
Last Modified: 28 Apr 2021 00:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39030

Actions (login required)

View Item View Item