Ayun, Mutiara Qurrota (2020) Pengaruh model Double Loop Problem Solving (DLPS) berbantu Instagram terhadap literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X MA Sirnamiskin Bandung. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1-cover.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3-daftar isi.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4-bb 1.pdf Download (803kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5-bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6-bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9-daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
Abstract
Literasi sains siswa Indonesia masih tergolong rendah oleh sebab itu diperlukan suatu proses pembelajaran yang dapat melatih literasi sains siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran DLPS berbantu instagram Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran DLPS berbantu instagram terhadap literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan quasi eksperimen design. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X MA Sirnamiskin Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan pretest, posttest dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan yang menggunakan model pembelajaran DLPS berbantu instagram memperoleh nilai rata-rata pretest 39,50, posttest 87.25, dan NGain 0,78 dengan kriteria tinggi. Sedangkan siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran DLPS berbaantu instagram memperoleh nilai rata-rata pretest 39,00, nilai posttest 73,00, dan N-Gain sebesar 0.54 dengan kriteria sedang. Berdasarkan uji normalitas terdapat salah satu data yang tidak berdistribusi normal sehingga uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U dengan memperoleh hasil 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak, sehingga Ha diterima. Dari hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran DLPS berbantu instagram dapat berpengaruh positif terhadap literasi sains siswa MA Sirnamiskin Bandung pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Double Loop Problem Solving; Literasi Sains; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mutiara Qurrota Ayun |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 04:53 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 04:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39043 |
Actions (login required)
View Item |