Pengaruh model Double Loop Problem Solving (DLPS) berbantu Instagram terhadap literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X MA Sirnamiskin Bandung

Ayun, Mutiara Qurrota (2020) Pengaruh model Double Loop Problem Solving (DLPS) berbantu Instagram terhadap literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X MA Sirnamiskin Bandung. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-daftar isi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bb 1.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9-daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)

Abstract

Literasi sains siswa Indonesia masih tergolong rendah oleh sebab itu diperlukan suatu proses pembelajaran yang dapat melatih literasi sains siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran DLPS berbantu instagram Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran DLPS berbantu instagram terhadap literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan quasi eksperimen design. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X MA Sirnamiskin Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan pretest, posttest dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan yang menggunakan model pembelajaran DLPS berbantu instagram memperoleh nilai rata-rata pretest 39,50, posttest 87.25, dan NGain 0,78 dengan kriteria tinggi. Sedangkan siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran DLPS berbaantu instagram memperoleh nilai rata-rata pretest 39,00, nilai posttest 73,00, dan N-Gain sebesar 0.54 dengan kriteria sedang. Berdasarkan uji normalitas terdapat salah satu data yang tidak berdistribusi normal sehingga uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U dengan memperoleh hasil 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak, sehingga Ha diterima. Dari hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran DLPS berbantu instagram dapat berpengaruh positif terhadap literasi sains siswa MA Sirnamiskin Bandung pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Double Loop Problem Solving; Literasi Sains;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mutiara Qurrota Ayun
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:53
Last Modified: 29 Apr 2021 04:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39043

Actions (login required)

View Item View Item