Persepsi wartawan mengenai penggunaan Clickbait (umpan klik) pada judul berita di media siber : Studi deskriptif pada anggota Persatuan Wartawan Indonesia di Kabupaten Purwakarta

Robianes, Hilmi Ananda (2021) Persepsi wartawan mengenai penggunaan Clickbait (umpan klik) pada judul berita di media siber : Studi deskriptif pada anggota Persatuan Wartawan Indonesia di Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai persepsi wartawan mengenai penggunaan clickbait pada judul berita di media siber yang dilakukan di Kabupaten Purwakarta. Awal mula penelitian ini dimulai dengan keresahan peneliti dalam menemukan clickbait yang berlebihan di media online. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui persepsi wartawan mengenai clickbait dan juga alasan penggunaan clickbait di media siber. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui untuk mengetahui atensi Wartawan Kabupaten Purwakarta dalam penggunaan clickbait pada judul berita di media siber, untuk mengetahui seleksi Wartawan Kabupaten Purwakarta dalam penggunaan clickbait pada judul berita di media siber, untuk mengetahui interpretasi Wartawan Kabupaten Purwakarta dalam penggunaan clickbait pada judul berita di media siber. Penelitian ini didasarkan pada teori persepsi yaitu atensi, seleksi dan interpretasi. Persepsi meliputi penginderaan melalui indra, atensi, dan interpretasi. Sensasi merujuk kepada pesan yang dikirimkan melalui otak lewat penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman, dan pengecapan. Penglihatan menyampaikan pesan nonverbal ke otak untuk diinterpretasikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara langsung dengan wartawan di Kabupaten Purwakarta. Analisis data yang digunakan adalah dengan model Miles & Huberman yaitu dengan analisis reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan dari hasil peneitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa seluruh wartawan memperhatikan dan mengetahui clickbait, yaitu umpan klik yang dilakukan suatu media dengan menggunakan kata-kata ambigu atau tidak jelas sehingga pembaca menjadi penasaran, penggunaan clickbait juga sebagai upaya menarik pembaca namun tidak berlebihan seperti mengabaikan fakta dan masih dalam batas wajar dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung saja. Dalam membuat judul clickbait juga tetap menggunakan aturan seperti kriteria judul berita yang salah satunya judul harus relevan yaitu judul berita harus berkaitan dengan isi berita sehingga judul berita tidak melenceng dengan isi berita. Narasumber berpendapat bahwa penggunaan clickbait pada judul berita diperbolehkan namun tanpa mengabaikan kode etik dan tetap bersesuaian antara judul dan isi berita. Clickbait juga memiliki kekurangan dan kelebihannya, kelebihan dari clickbait yaitu dapat meningatkan traffic pengunjung dan kekurangannya yaitu dapat sedikit merusak citra dari media tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Wartawan;Clickbait;Media Siber
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Hilmi Ananda Robianes
Date Deposited: 04 May 2021 05:50
Last Modified: 04 May 2021 05:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39161

Actions (login required)

View Item View Item