Penerapan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik MI : Penelitian quasi eksperimen pada peserta didik kelas V MIS Miftahul Huda Kota Bandung

Hidayat, Syaeful (2020) Penerapan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik MI : Penelitian quasi eksperimen pada peserta didik kelas V MIS Miftahul Huda Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAC)
2_abstrac.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik masih rendah. Hal ini terlihat dalam studi pendahuluan yang dilakukan pada salah satu MI, hasilnya menyatakan bahwa peserta didik masih kurang dalam hal memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membangun keterampilan dasar (basic support) dan membangun simpulan (inference), membuat penjelasan lebih lanjut (advances clarification) dan menentukan strategi dan taktik (strategi and tactics) untuk menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui kemampuan awal berpikir kritis matematis peserta didik MI kelas V pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik MI kelas V yang memperoleh pembelajaran di kelas eksperimen lebih baik dari peserta didik yang memperoleh pembelajaran di kelas kontrol. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran pada kedua kelas dengan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) dan kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan melainkan menggunakan pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran di kelas eksperimen lebih baik dari peserta didik yang memperoleh pembelajaran langsung. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan peserta didik yang sudah ada pada kelas tersebut (purposive sampling). Peserta didik yang dijadikan subjek penelitian adalah kelas VA (kontrol) dan kelas VB (eksperimen) MIS Miftahul Huda Kota Bandung. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis untuk peserta didik. Hasil penelitian yaitu, 1) Kemampuan awal berpikir kritis matematis peserta didik pada pokok bahasan skala pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini terlihat dalam hasil rata-rata pretest kelas eksperimen 14,2 dan kelas kontrol 20,7. 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada pokok bahasan skala di kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata N-gain atau peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 0,49 dan pada kelas kontrol sebesar 0,26. Hal tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kemudian hasil rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 55,0 dan kelas kontrol 40,8.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi REACT; Berpikir Kritis Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syaeful Hidayat
Date Deposited: 07 May 2021 02:41
Last Modified: 07 May 2021 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39223

Actions (login required)

View Item View Item