Evaluasi User Experience pada media sosial Sestyc menggunakan metode Cognitive Walkthrough

Ahmadsyah, Raka Sulthonuddin (2021) Evaluasi User Experience pada media sosial Sestyc menggunakan metode Cognitive Walkthrough. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy

Abstract

Sestyc merupakan aplikasi media sosial baru asal Indonesia yang berbasis mobile dan sudah memiliki user aktif. Namun, UI (User Interface) yang ada pada fitur Sestyc masih membuat para pengguna bingung dan merasa kurang nyaman untuk mereka gunakan, hal ini bisa di lihat dari banyaknya review negatif pada playstore dan appstore. Padahal, User Interface sangat berpengaruh pada pengalaman pengguna (user experience) dan sangat penting untuk kesuksesan sebuah aplikasi agar dapat bertahan di pasaran terutama pada jenis aplikasi yang baru saja dirilis. Maka dari itu diperlukan sebuah evaluasi tentang usability pada aplikasi Sestyc agar aplikasi tersebut dapat terus dikembangkan. Metode Cognitive Walkthrough dipilih sebagai metode evaluasi dengan tiga parameter pengujian yaitu efektifitas, efisiensi, dan kepuasan. Peneliti Menentukannya karena dirasa sangat cocok digunakan pada aplikasi Sestyc yang masih tergolong aplikasi baru, dengan metode ini peneliti dapat mengetahui proses kognitif pengguna ketika pertama kali menggunakan sistem. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa fitur posting memiliki presentase penyelesaian tugas terendah dan rentang waktu pengerjaan paling lama, yang berarti masih banyak pengguna yang kesulitan dan kebingungan untuk menggunakan fitur posting tersebut. Dalam parameter kepuasan, peneliti menggunakan skor SUS untuk mengetahui peringkat Setyc, dan hasilnya menujukkan bahwa sestyc memiliki skor 62 yang berarti aplikasi sestyc masih dapat diterima oleh penggunanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: User Interface; User Experience; Evaluasi Usability; Cognitive Walktrough
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Performance Evaluation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Raka Sulthonuddin Ahmadsyah
Date Deposited: 24 May 2021 06:33
Last Modified: 24 May 2021 06:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39422

Actions (login required)

View Item View Item