Model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia pada materi tekanan Osmosis

Dahliana, Ani (2021) Model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia pada materi tekanan Osmosis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa, menganalisis hasil belajar dan menganalisis peningkatan kemampuan literasi kimia setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom pada materi tekanan osmosis secara daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre experiment dengan desain One Group Pretest-Postest. Instrumen yang digunakan berupa lembar kerja observasi, soal latihan materi tekanan osmosis dan soal tes literasi kimia. Subjek penelitian yaitu mahasiswa prodi pendidikan kimia semester III kelas B sebanyak 39 orang. Hasil penelitian aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran dengan model flipped classroom terbagi menjadi tiga sesi diantaranya kegiatan belajar pada pre-virtual class meet, in-class virtual meet dan out of class virtual meet. Persentase keterlaksanaan aktivitas mahasiswa secara keseluruhan mencapai 95% dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar berdasarkan kelompok prestasi mahasiswa mencapai nilai sebesar 73,51 dengan kategori baik. Kemampuan literasi kimia mahasiswa sebelum dan sesudah diterapkan model flipped classroom ditunjukan pada rata-rata nilai soal pretest dan posttest dengan perolehan masing-masing sebesar 49,9 dan 64,7 sehingga peningkatan kemampuan literasi kimia mahasiswa termasuk kategori sedang dengan rata-rata N-gain 0,30. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t mengindikasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukan adanya peningkatan kemampuan literasi kimia mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom pada materi tekanan osmosis. Kata Kunci: Flipped classroom, Literasi Kimia, Osmosis, TikTok

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom;Literasi Kimia; Osmosis; TikTok
Subjects: Education
Chemistry and Allied Science
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ani Dahliana
Date Deposited: 25 May 2021 06:38
Last Modified: 25 May 2021 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39480

Actions (login required)

View Item View Item