Dewi, Tyara Lustifa (2021) Pengaruh penggunaan metode belajar Mind Mapping terhadap memori siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan suatu metode belajar merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan memori atau daya ingat. Berdasarkan data lapangan, kebanyakan pendidik masih menggunakan metode mengajar secara konvensional, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode belajar mind mapping berpengaruh terhadap peningkatan memori. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Subjek yang digunakan merupakan siswa SMP kelas VIII dengan jumlah 36 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (EG) dan kelompok kontrol (CG). Alat ukur yang dipakai menggunakan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan skor memori pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga penggunaan metode belajar mind mapping tidak mempengaruhi peningkatan memori siswa. Meskipun tidak terdapat pengaruh, sebanyak 7 siswa (38,9%) pada kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan skor memori sebesar 1 sampai dengan 6 poin.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mind mapping; memory; metode belajar |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Tyara Lustifa Dewi |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:03 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39518 |
Actions (login required)
View Item |