Manajemen strategis pendayagunaan zakat terhadap kesejahteraan mustahik : Studi deskriptif di BAZNAS Provinsi Jawa Barat

Fitriani, Kulsum (2020) Manajemen strategis pendayagunaan zakat terhadap kesejahteraan mustahik : Studi deskriptif di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Proses pendayagunaan zakat merupakan suatu proses yang sangat penting dalam keberlangsungan program agar tepat guna dana yang didistribusian kepada para mustahik. Pola pendayagunaan yang terdapat pada lima program utama Baznas Provinsi Jawa Barat yaitu jabar cerdas, jabar mandiri, jabar sehat, jabar taqwa, dan jabar peduli. Lima program besar baznas tersebut menarik untuk diteliti, mulai dari proses analisis lingkungan, formulasi, implementasi, dan evaluasi serta pengendalian, dan bagaimana dampaknya terhadap kesejahteraan mustahiq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengamatan lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi, serta evaluasi dan pengendalian dalam pendayagunaan di BAZNAS Provinsi Jawa Barat terhadap kesejahteraan mustahik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Wheelen dan Hunger, yaitu Manajemen strategis sebagai kerangka dan eksekusi manajerial dari proses analisis lingkungan (environmental scanning), perumusan (formulating) penerapan (Implementating) dan evaluasi serta pengendalian (evaluating & control) keputusan strategik antar fungsi-fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan-tujuan masa datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Langkah-langkah penelitian yang ditempuh yaitu: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengamatan lingkungan telah dilakukan untuk memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada serta meminimalisir kelemahan dan ancaman sehingga proses pendayagunaan ini dapat berdampak terhadap kesejahteraan mustahiq. Formulasi Strategi yaitu perumusan visi, tujuan, strategi, dan kebijakan telah dibentuk secara sistematis. Tahap Implementasi Strategi dengan membuat lima program besar yang dibuat secara matang dan professional. Terakhir tahapan Evaluasi dan Pengendalian Strategi dengan melakukan evaluasi secara berkala dan sistematis sehingga pengendalian program dapat dilakukan dengan baik sesuai prosedur. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa BAZNAS Provinsi Jawa Barat telah menjalankan manajemen strategis dengan baik disertai pembuktian seluruh tahapan dalam proses manajemen strategis model Wheelen dan Hunger menunjukan keberhasilan serta memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan mustahik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategis; Pendayagunaan; Zakat; Kesejahteraan;
Subjects: Islam > Zakat
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Kulsum Fitriani
Date Deposited: 27 May 2021 03:40
Last Modified: 27 May 2021 03:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39566

Actions (login required)

View Item View Item