Alviani, Febby (2021) Problematika pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19 : Penelitian pada kelas VII,VIII dan IX Di SMPN 2 Solokan Jeruk. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
Abstract
Adanya permasalahan pada proses pembelajaran daring dapat menurunkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Dengan adanya problematika tersebut diharapkan solusi dan respon dapat menggambarkan proses pembelajaran daring dengan baik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan problematika dan motivasi belajar dalam pembelajaran IPA secara daring dan mendeskripsikan upaya dalam menghadapi problematika pembelajaran IPA dimasa Pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dimana data tersebut diperoleh dari wawancara dan angket. Waktu penelitian yaitu bulan September 2020. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru SMPN 2 Solokan Jeruk. Hasil penelitian ini yaitu terdapat problematika dalam pembelajaran daring materi IPA Biologi yaitu problematika faktor internal dan eksternal, motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA dimasa Pandemi COVID-19 dengan kategori “baik”, dan upaya dalam menghadapi problematika pembelajaran IPA di masa pandemi covid-19 dengan mengevaluasi sistem pembelajaran, subsidi kuota, melakukan home visit dan memberikan perhatian lebih kepada siswa melalui whatsApp group. Berdasarkan hasil wawancara dan angket didapatkan kesimpulan motivasi belajar siswa baik dalalm pembelajaran IPA secara daring, meskipun ditemukan beberapa problematika yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika; Motivasi; IPA Biologi; Pembelajaran Daring |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Febby Alviani |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 07:04 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 07:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39695 |
Actions (login required)
View Item |