Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari minat belajar siswa : Penelitian di MI Nurul Falah Cileles Kabupaten Sumedang

Mulyani, Yani (2020) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari minat belajar siswa : Penelitian di MI Nurul Falah Cileles Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Fenomena yang terjadi di lapangan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V MI Nurul Falah masih rendah, sebagian besar siswa mengalami kesulitan saat berhadapan dengan soal matematika. siswa belum mampu menyelesaikan masalah pada soal dengan baik. Faktor yang memperngaruhi kemampuan pemecahan masalah salah satunya adalah minat. Minat mempunyai peranan penting dalam keberhasilan belajar. Sehingga Minat yang berbeda diantara siswa dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis sesuai dengan minat belajar tinggi. Kemampuan pemecahan masalah dengan minat belajar sedang. Kemampuan pemecahan masalah dengan minat belajar rendah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah minat belajar. berdasarkan asumsi tersebut dalam penelitian ini akan mendeskrisukan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V MI Nurul Falah berdasarkan kategori minat belajar. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 di MI Nurul Falah. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa. Teknik pemilihan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil angket digunakan untuk mengelompokan minat belajar siswa. Hasil tes dan hasil wawancara kemampuan pemecahan masalah matematis kemudian dianalisis berdasarkan minat belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa kelas V terbagi menjadi tiga yaitu minat belajar tinggi, sedang dan rendah. 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tingkat minat belajar tinggi sudah dapat memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali sehingga siswa sudah mampu dalam memenuhi indikator 1, 2, 3, dan 4 menurut Polya. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat minat belajar sedang sudah mampu dalam memahami masalah, merencanakan strategi, melaksanakan strategi. Namun belum mampu membuat kesimpulan dan tidak melakukan pengecekkan kembali sehingga siswa mampu memenuhi indikator 1, 2, dan 3. 3) Kemampuan pemecahan masalah dengan tingkat minat belajar rendah belum mampu menyelesaikan masalah sesuai dengan indikator 1, 2, 3, dan 4 pemecahan masalah menurut Polya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Minat Belajar
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yani mulyani
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:58
Last Modified: 03 Jun 2021 13:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39739

Actions (login required)

View Item View Item