Kampanye public relations tentang sosialisasi aplikasi GAMPIL sebagai upaya mempermudah perizinan di Kota Bandung: Studi deskriptif pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung

Runanda, Riska Kartika (2020) Kampanye public relations tentang sosialisasi aplikasi GAMPIL sebagai upaya mempermudah perizinan di Kota Bandung: Studi deskriptif pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung merupakan lembaga pemegang peranan fungsi di bidang penyelenggaraan dan pelayanan perizinan terpadu. Aplikasi Gadget Application Mobile for Licence (GAMPIL) merupakan salah satu program yang dibuat oleh Dinas PMPTSP, bentuk programnya yaitu untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan permohonan perizinan yang dapat dilakukan melalui android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang tahap identifikasi, tahap pengelolaan hingga tahap evaluasi dalam melakukan kampanye terkait aplikasi gampil. Penelitian ini menggunakan model kampanye Ostergaard, adapun paradigma yang digunakan yaitu kontruktivisme dengan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan kampanye public relations tentang sosialisasi aplikasi GAMPIL sebagai upaya mempermudah perizinan di kota bandung diawali dengan tahap pertama yaitu identifikasi masalah yang meliputi a) Bentuk inovasi agar masyarakat tidak perlu mengantri secara langsung b) Bentuk inovasi dari Hayu Bandung. Tahap kedua yaitu pengelolaan program yang meliputi a) Melakukan sosialisasi melalui media massa dan media online b) Melakukan koordinasi bersama tim IT terkait pembuatan aplikasi gampil c) Membuat konten tutorial permohonan perizinan di media online d) Melakukan sosialisasi di kecamatan-kecamatan dengan menempatkan KiosK informasi interaktif dibeberapa titik. Tahap ketiga yaitu evaluasi yang meliputi a) membuat Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagai target keberhasilan b) Melakukan back up data rutin terkait sistem yang ada di aplikasi c) Monitoring kinerja para pegawai di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung telah melakukan kampanye public relations melalui programnya aplikasi gampil sesuai dengan model kampanye dari Ostergaard. ENGLISH : The results and discussion in this study indicate that the public relations campaign about the socialization of the GAMPIL application, one of the Licensing Facilitation Efforts in Bandung City begins with stages (1) The fact-finding process which includes a) Form of innovation so that people do not have to queue directly b) Form of innovation Hayu Bandung. Stage (2) program management which includes a) Conducting outreach through mass media and online media b) Coordinating with the IT team regarding the making of skilled applications c) Create tutorial content for licensing requests in online media d) Conducting outreach in the sub-districts by placing interactive information KiosK at several points. Stage (3) Evaluation of the program which includes a) make a Community Satisfaction Survey (SKM) as a target of success b) Perform routine back up of data related to the existing system in the application b) Monitoring the performance of employees at Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung. Based on the results of the study, it was concluded that the Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung had conducted a public relations campaign through its program application GAMPIL in accordance with Ostergaard's campaign model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kampanye public relations; aplikasi gampil; media massa; media online
Subjects: Political Process > Campaigns for Nominations
General Management > Data Processing and Analysis of Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Riska Kartika Runanda
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:54
Last Modified: 11 Jun 2021 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39838

Actions (login required)

View Item View Item