Seno, Indra Muhamad (2021) Kinerja kepala sekolah dampaknya terhadap akreditasi dan prestasi belajar siswa: Penelitian di SMA Yayasan Pendidikan Islam Nuruzzaman Cilengkrang Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Masalah yang terjadi pada topik ini adalah bagaimana peran kepala sekolah apakah dapat melaksanakan kinerja dengan baik atau tidak dengan melihat data bahwa di SMA Yayasan Pendidikan Islam Nuruzzaman Cilengkrang kepala sekolahnya merangkap jabatan. Selain menjadi kepala sekolah, kepala sekolah SMA Yayasan Pendidikan Islam Nuruzzaman Cilengkrangmerangkap pula sebagai bendahara yayasan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk melihat bagaimana kinerja kepala sekolah terhadap akreditasi dan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner yang diberikan kepada 18 responden yang kesemua responden tersebut adalah guru aktif yang mengajar di SMA Yayasan Pendidikan Islam Nuruzzaman Cilengkrang Bandung. Kemudian dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji regresi untuk melihat pengaruh antara variabel X1 terhadap variabel Y1 dan juga pengaruh antara variabel X1 terhadap variabel Y2. Dari kuesioner yang diberikan kepada 18 responden, nilai siginifkan dari kinerja kepala sekolah terhadap akreditasi yakni sebesar 0,389. Hasil ini didapatkan dari hasil uji regresi yang dilakukan melalui SPSS25. Dari hasil uji regresi ini menyatakan bahwa nilai signifikannya berada diatas 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja kepala sekolah terhadap akreditasi. Selanjutnya, dari kuesioner yang diberikan kepada 18 responden, hasil uji regresi mengenai kinerja kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, didapatkan hasil bahwa nilai signifikannya sebesar 0,186. Hasil ini didapatkan melalui perhitungan menggunakan SPSS25. Dan dari hasil uji regresi tersebut menyatakan bahwa nilai signifikannya berada dibawah 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kinerja kepala sekolah terhadap akreditasi dan prestasi belajar siswa tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Oleh karenanya kemungkinan hasil dari akreditasi yang baik disebabkan oleh faktor lain, yaitu peran para wakil kepala sekolah yang dapat menggantikan peran kepala sekolah dan hasil presatasi belajar siswa yang baik pun disebabkan oleh para guru yang memiliki tugas pokok mengajar dikelas. ENGLISH: The problem that occurs on this topic is what is the role of the principal, whether or not he/she can perform well or not by looking at the data that at Nuruzzaman Islamic Senior High School Cilengkrang Bandung the principal has concurrent positions. As well as being the principal of the school, the principal of Nuruzzaman Islamic Senior High School Cilengkrang Bandung also serves as the school foundation's treasurer. The purpose of this study is to reveal how the principal's performance affect to school accreditation and student achievement.In this study, researcher used a quantitative approach with correlational questionnaire technique given to 18 respondents, all of whom were active teachers who taught at Nuruzzaman Islamic Senior High School Cilengkrang Bandung. Furthermore, in this study, the researcher used a regression test to see the effect between variable X1 on variable Y1 and also the effect between variable X1 on variable Y2. From the questionnaire given to 18 respondents, the significant value of the principal's performance on accreditation was 0.389. This calculation results was obtained from the results of the regression test conducted through SPSS25 Application. From the results of this regression test, it stated that if the significant value was above 0.05 so there was no significant influence between the principal's performance on accreditation. From the questionnaire given to 18 respondents, the result of the regression test regarding the principal’s performance on students’ achievement showed that the significant value was 0.186. This results was obtained through calculations using SPSS25. Meanwhile, from the results of the regression test, it stated that the significant value was below 0.05 so that there was no significant effect between the principal's performance on students’ achievement. The results of this study indicate that there was no significant effect of the principal’s performance on accreditation an students’ achievement. Therefore, it is possible that the results of good accreditation are caused by other factors, namely the role of the deputy principal who can replace the role of the principal and good students’ achievement results are also caused by teachers who have the main task of teaching in class.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Kepala Sekolah; Akreditasi; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Education, Research |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Indra M Seno |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 02:11 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39873 |
Actions (login required)
View Item |