Analisis literasi sains pada buku ajar Biologi SMA/MA kelas XII

Iskandar, Ghisni Nasywati (2021) Analisis literasi sains pada buku ajar Biologi SMA/MA kelas XII. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh kurangnya kemampuan literasi sains siswa menurut hasil studi PISA tahun 2018 yang diduga salah satu penyebabnya karena penggunaan buku ajar biologi yang kurang mengandung literasi sains dan sesuai agar siswa menjadi lebih peka dan melek literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi sains yang terdapat dalam buku ajar biologi SMA/MA kelas XII. Metode penelitian yang digunakan ialah triangulasi dengan mencermati setiap kalimat dalam buku dan mecocokannya dengan indikator literasi sains yang terdapat dalam instrumen penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan dua observer. Indikator yang digunakan ialah empat indikator literasi sains menurut Chiappetta, Fillman, dan Sethna (1991a). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi sains pada buku ajar yang dianalisis termasuk dalam kategori baik karena keempat kategori literasi sains terkandung dalam buku tersebut, namun proporsi kategori literasi sains menunjukkan ketidakseimbangan. Hal ini dikarenakan, kemunculan kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan sangat dominan dibandingkan ketiga kategori literasi sains yang lain dengan persentase sebesar 71,98% (tinggi); diikuti dengan kategori sains sebagai cara untuk berpikir dengan persentase 14,92% (sangat rendah); selanjutnya dengan kategori sains sebagai cara untuk menyelidiki dengan persentase 9,66% (sangat rendah); dan kategori interaksi sains, teknologi, dan masyarakat dengan persentase 3,44% (sangat rendah).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis; buku ajar biologi; literasi sains
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ghisni Nasywati Iskandar
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:18
Last Modified: 15 Jun 2021 03:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39884

Actions (login required)

View Item View Item