Pengaruh Locus of Control terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderasi: Studi pada pegawai Dinas Penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat

Permana, Hendri (2020) Pengaruh Locus of Control terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderasi: Studi pada pegawai Dinas Penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam suatu organisasi, pada organisasi pelayanan daerah peranan yang paling vital merupakan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut. Terlebih dibutuhkan kinerja yang lebih untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Maka dari itu disaat mengemban tugas dalam bekerja mereka akan bersungguh – sungguh agar nama organisasi tersebut dinilai baik oleh masyarakat. Ketika menemukan hambatan dan masalah maka pegawai dapat mengontrol atau melewati hambatan tersebut. Penelitian ini meliputi variabel locus of control, Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai. Penelitian ini dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner yang diisi oleh responden dalam hal ini merupakan pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat. Sampel penelitian ini menarik sebanyak 92 orang pegawai dengan menggunakan rumus slovin. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah locus of control internal, locus of control eksternal , Variabel terikat adalah Kinerja Pegawai dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji validitas , uji realibilitas , uji statistik deskriptif , Uji moderasi dengan teknik hierarchycal regression analysis meliputi Uji Parsial (uji t), dan Koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis hierarchycal regression analysis diketahui bahwa locus of control internal dan Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Sedangkan locus of control eksternal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Hasil analisis dengan uji t diketahui bahwa locus of control internal sebagai variabel X1 diperoleh thitung 16,042 . Locus of control eksternal sebagai variabel X2 diperoleh thitung -15,074. Kepuasan Kerja sebagai variabel Z diperoleh thitung -15,074. Setelah adanya interaksi antara locus of control internal dengan Kepuasan Kerja (X1Z) terhadap kinerja memiliki hubungan memperkuat pengaruh dengan ditunjukan peningkatan nilai koefisien determinasi sebesar 3,6% dengan sifat yang positif. Sedangkan interaksi antara locus of control eksternal dengan Kepuasan Kerja (X1Z) terhadap Kinerja memiliki hubungan memperlemah dengan sifat berlawanan arah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Locus of Control Internal; Locus of Control Eksternal; Kepuasan Kerja;kinerja.
Subjects: General Management
General Management > Control and Quality Management
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Hendri Permana
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:13
Last Modified: 16 Jun 2021 02:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39942

Actions (login required)

View Item View Item